Pages

Pages

Pages - Menu

Pages - Menu

Tuesday, March 27, 2012

OKEZONE

PORTAL WEB OKEZONE


Okezone.com adalah situs web berita dan hiburan berbahasa Indonesia yang didirikan pada 29 Desember 2006. Situs ini dimiliki oleh PT. Media Nusantara Citra (MNC) yang juga mengelola beberapa bisnis media lain seperti RCTI, Koran SINDO, serta SINDO Radio. Pada Oktober 2008 situs ini menempati peringkat ke-28 situs web terpopuler di Indonesia menurut Alexa.com. Peringkat ini terus naik yang disebabkan semakin banyak pengunjung situs yang mengakses Okezone.com setiap harinya. Selain daripada itu, jumlah pengguna internet yang mencapai 25 juta (Sumber: data APJII per 2005) diperkirakan untuk terus tumbuh dengan signifikan dalam beberapa tahun ke depan.
Okezone memberitakan hal-hal umum seperti: politik, peristiwa, Internasional, ekonomi, lifestyle, selebriti, sports, bola, auto, teknologi dan lainnya. Okezone memiliki prosedur pelaporan paling lambat 20 menit s/d 1 jam dari lokasi kejadian.
SEJARAH
Okezone.com resmi dibuka untuk umum pada 29 Desember 2006 dan merupakan bisnis online pertama milik PT. Media Nusantara Citra Tbk (MNC), salah satu perusahaan media terintegrasi yang di Indonesia. Selain okezone, MNC juga memiliki dan mengelola bisnis media TV (RCTI, MNC TV, Global TV, SINDOtv), media cetak (Harian Seputar Indonesia, Tabloid Genie, Tabloid Mom & Kiddie, majalah HighEnd dan Trust), media radio (SINDO Radio, Global Radio, Radio Dangdut Indonesi, V Radio), serta sejumlah bisnis media lainnya (mobile VAS, manajemen artis, rumah produksi film, agen iklan, dll).
Website okezone.com adalah salah satu jenis situs portal yang memuat berbagai informasi menarik dan teraktual dari berbagai sumber. Di situs ini kita dapat mengakses beragam informasi mulai dari dunia kuliner yang terangkum dalam okefood, jual beli kendaraan bermotor yang termuat dalam okeklasika, serta informasi-informasi terkategori lainnya seperti berita olahraga, gaya hidup (life style), selebriti (celebrity), perkembangan teknologi, karir dll. Tampilan dari situs ini tergolong atraktif dan dan sistematis, pada beranda atau halaman depan tampak uraian singkat dari informasi-informasi kategoris yang sedang menjadi trend topik atau termutakhir.
Seperti halnya website atau situs komersial lainnya, pada situs ini tersedia pula kolom bagi para pengiklan yang berminat untuk mengiklankan produk mereka dalam format ukuran bingkai serta tempo waktu kontrak yang berbeda-beda tergantung paket yang dipilih oleh pengiklan. Dengan kemampuan penyajian informasi atau berita yang selalu baru atau mutakhir serta penampilan wujud dari situs itu sendiri yang atraktif maka begitu banyak pula jumlah pengunjung (visitor) yang menjadi customer setia dari situs portal ini. Dalam arti semakin banyak jumlah pengunjung yang menikmati layanan akses informasi pada situs ini, maka semakin tinggi pula nilai komersil dari situs berbasis portal ini.
Situs okezone.com ini merupakan sub unit perusahaan dari PT Media Nusantara Citra Terbuka (MNC) Tbk. Sehingga banyak fitur informasi lainnya yang saling berhubungan langsung dengan anak perusahaan MNC Tbk lain seperti stasiun televisi RCTI lewat program dahsyat. Situs okezone dotcom ini merangkum informasi seputar topik acara dahsyat, serta berbagai even lainnya yang berkaitan dengan acara yang disajikan dalam RCTI.
Dengan berbagai fitur, informasi mutakhir yang menarik minat pembaca dari berbagai kalangan, mulai dari pecinta olahraga, penggemar kulinar, pebisnis, bahkan pembaca yang ingin mencari peluang atau lowongan kerja, maka menjadikan situs okezone dotcom ini sebagai salah satu situs yang mampu menjadi rujukan atau tempat bagi para pembaca untuk selalu terjaring dalam tatanan informasi global yang berkembang secara cepat dan selalu dibumbui dengan hal-hal baru yang bermanfaat.
PERFORMANCE
Sebelum masuk lebih dalam, yang pertama kita lihat dan bahas adalah tampilan dan performa situs-situs ini.
                                             TAMPILAN OKEZONE.COM
Semua situs memiliki desain dan karakter tersendiri, dengan layout yang berbeda-beda pula. Namun dari pengamatan kami saat diakses, situs okezone-lah yang paling ringan. Alhasil dalam sekali klik akan muncul dalam beberapa detik saja (tergantung kecepatan jaringan internet). Sedangkan yang paling lambat, justru kami rasakan pada kompas.com, di mana iklan yang berbau flash (swf) sangat banyak dan memicu lambatnya proses rendering.
Situs detik.com masih terlihat relatif “kuno” baik dari segi tampilan, lay-out, maupun font-nya. Entah disengaja untuk mengakomodir permintaan orang yang “mapan”, atau memang TeNexGen yang belum terbiasa dengan tampilan seperti itu.
Di sisi lain, kompas.com hadir lumayan padat dengan rubrik-rubrik unggulannya. Setiap rubrik dipisahkan dengan hadirnya box sebagai pemisah. Alhasil, situs kompas.com tampil padat, meski dengan konsekuensi loading yang lama dan berat.
Dan dalam hal ini, okezone.com tampil paling dinamis dan simple. Setiap kategori, dipisahkan ke dalam tab-tab link khusus sehingga dalam sekali loading tidak membuat lama. Meski hadir iklan yang lumayan, namun semuanya tertata rapi di sebelah kanan.
CONTENT
Jikalau soal konten dan berita yang diisi, rata-rata sih relatif sama. Cuma perbedaannya mungkin hanya terletak di bahasa dan kedalaman analisa. Dan kalau berbicara soal ini, pasti lebih subjektif. Jadi, di TeNexGen kami tidak akan membahasnya secara detil.
Kalau membicarakan rubrik, Kompas mungkin jagonya. Pasalnya tersedia banyak sekali, ada:  otomotif, tekno, infotainment, BlackBerry Corner, Kesehatan, dan lainnya.
Sedangkan okezone.com menampilkan zone (zona) tersendiri juga, ada: economy, lifestyle, celebrity, autos, techno, kampus, sports, bola, international, dan lainnya. Bahkan ada rubrik classified untuk memasang iklan otomotif.
Sedangkan di detik.com, seperti yang disinggung sebelumnya, tampil lumayan sederhana antara lain: etalase, seremonia, detikNews, detikFinance, detikOto, detikFood, detikSport, dan berbagai lainnya.
KESIMPULAN
Masing-masing punya ciri khas sendiri untuk meraih pelanggan dan pembaca internet sebesar-besarnya, dan masing-masing mempunyai keunggulan masing-masing.
Okezone tampil dengan cirinya yang simple sehingga cepat dan mudah diakses, beritanya juga up-to-date 24 jam. Sedangkan detik.com tampil dengan desainnya yang sederhana, namun lumayan lengkap dan detil yang disertai detikTV. Di sisi lain, Kompas hadir dengan e-paper dan segudang rubrik, namun sangat berat saat TeNexGen mencoba mengaksesnya.

Sunday, March 25, 2012

MANUSIA DAN KEBUDAYAAN

2.1 Manusia
Unsur-unsur yang membangun manusia:
Manusia di alam dunia ini memegang peranan yang unik, dan dapat dipandang  dari banyak segi dan mempunyai banyak kepentingan.  Ada dua pandangan yang akan kita jadijan acuan tentang unsur-unsur yang membangun manusia, yaitu :
1. Manusia yang terdiri dari 4 unsur yang saling terkait, yaitu Jasad (badan kasar manusia yang nampak luarnya, dapat diraba dan difoto dan menempai ruang dan waktu, Hayat (mengandung unsure hidup yang ditandai dengan gerak), Ruh (daya yang bekerja secara spiritual dan memahami kebenaran), dan Nafas (kesadaran tentang diri sendiri).
2.  Manusia sebagai satu kepribadian yang mengandung 3 unsur, yaitu: Ide (merupakan struktur kepribadian yang paling primitif dan paling tidak nampak), Ego (bagian atau struktur kepribadian yang pertama kali dibedakan dari ide), dan Superego (struktur kepribadian yang paling akhir muncul kira-kira pada usia 5 tahun yang terbantuk dari lingkungan ektstenal).

2.2 Hakekat Manusia
Hakekat manusia terdiri dari:  
1. Mahluk ciptaan Tuhan yagn terdiri dari tubuh dan jiwa sebagai satu kesatuan yang utuh.
2. Mahluk ciptaan Tuhan yang paling sempurna, jika dibandingkan denan mahluk lainnya.
3. Mahluk biokultural yaitu mahluk hayati yagn budayawi.
4. Mahluk Ciptaan Tuhan yagn terkait dengan lingkungan, mempunyai kualitas dan martabat karena kemampuan bekerja dan berkarya.

Membedakan Manusia dengan makhluk lain:
Manusia dibedakan dengan makhluk lainnya karena manusia dilengkapi oleh  akal, perasaan, dan kehendak yang terdapat didalam jiwa manusia. Dengan akal, manusia dapat menciptakan ilmu pengetahuan dan teknologi, dengan perasaan manusia mampu menciptakan kesenian, dan dengan kehendak dari setiap diri manusia mampu menciptakan perilaku tentang kebaikan menurut moral. 

2.3 Kepribadian Bangsa Timur
Kepribadian bangsa timur dapat diartikan suatu sikap yang dimiliki oleh suatu negara yang menentukan penyesuaian dirinya terhadap lingkungan. Kepribadian bangsa timur pada umumnya merupakan kepribadian yang mempunyai sifat toleransi yang tinggi. Kepribadian bangsa timur, kita tinggal di Indonesia termasuk ke dalam bangsa timur, dikenal sebagai bangsa yang berkepribadian baik. Di dunia bangsa timur dikenal sebagai bangsa yang ramah dan bersahabat.
Bercerita tentang kepribadian bangsa timur, Indonesia memiliki beragam budaya, suku dan adat istiadat. Indonesia termasuk dalam bagian negara-negara yang ada dalam posisi benua asia memiliki adat yang disebut adat ketimuran. Indonesia yang tergabung dari berbagai suku dan terkenal dengan keramahtamahan masyarakatnya dan tingginya rasa saling menghormati antar sesama. Indonesia sangat berbeda dengan negara-negara barat, karena pandangan hidup dan kebiasaan masyarakatnya yang berbeda. Dalam pandangan hidup masyarakat Indonesia yang memiliki adat ketimuran, rasa toleransi, ramah, sopan santun, saling menghargai dan gotong royong selalu menjadi dasar hidup masyarakat Indonesia.
Bangsa timur identik dengan benua asia yang penduduknya sebagian besar berambut hitam, berkulit sawo matang dan adapula yang berkulit putih, bermata sipit. Sebagian besar cara berpakaian orang timur lebih sopan dan tertutup mungkin karena orang timur kebanyakan memeluk agama islam dan menjunjung tinggi norma-norma yang berlaku. Namun di zaman yang sekarang ini orang timur kebanyakan meniru kebiasaan orang barat. Kebiasaan orang barat yang tidak sesuai atau bertentangan dengan kebiasaan orang timur dapat memengaruhi kejiwaan orang timur itu sendiri. Kita tidak bisa selalu mengatakan budaya timur itu lebih baik daripada budaya barat. 
Bagan dari  psiko-sosiogram manusia:

Ket :
7. Taksadar (Konsep Freud)
6. Subsadar (Konsep Freud)
5. Kesadaran yang tak dinyatakan
4. Kesaadaran yang dinyatakan (Konsep manusia berjiwa selaras) 
3. Lingkungan hubungan karib (Konsep manusia berjiwa selaras)
2. Lingkunga hubungan berguna
1. Lingkungan hubungan jauh
0. Dunia luar

2.4 Pengertian Kebudayaan 
Definisi Kebudayaan:
Kebudayaan jika dikaji dar asal kata bahasa sanskerta berasal dari kata budhayah yang berarti budi atau akal. Dalam bahasa lain, kebudayaan berasal dari kata colere, yang berarti mengolah tanah. Jadi kebudayaan secara umum dapat diartikan sebagai "segala sesuatu yang dihasilkan oleh akal budi (pikiran) manusia dengan tujuan untuk mengolah tanah atau tempat tinggalnya, atau dapat pula diartikan segala usaha manusia untuk dapat melangsungkan dan mempertahankan hidupnya di dalam lingkungannya".

Tokoh-tokoh Kebudayaan:
1. Melville J. Herkovits dan Bronislaw Malinowski
2. E.B.Tylor 
3. Selo Sumarjan & Soelaeman Soemardi
4. Sutan Takdir Alisyahbana
5. Koentjaraningrat
6. A.L Krober & C.Kluckhon
7. C.A.Van Peursen

2.5 Unsur-unsur Kebudayaan
Tujuh unsur kebudayaan universal:
1. Sistem Religi (Sistem Kepercayaan)
2. Sistem Organisasi Kemasyarakatan
3. Sistem Pengetahuan
4. Sistem mata Pencaharian Hidup dan Sistem-sistem ekonomi
5. Sistem Teknologi dan Peralatan
6. Bahasa
7. Kesenian



Membedakan kebudayaan dalam bentuk dua bentuk wujud:
Menurut J. J Honigmann (dalam Koenjtaraningrat, 2000) membedakan adanya tiga ‘gejala kebudayaan: yaitu: (1) ideas, (2) activities, dan (3) artifact, dan ini diperjelas oleh Koenjtaraningrat yang mengistilahkannya dengan tiga wujud kebudayaan:
1. Wujud kebudayaan sebagai suatu yang kompleks dari ide-ide, gagasan-gagasan, nilai-nilai, norma-norma, peraturan dan sebagainya.
2. Wujud kebudayaan sebagai suatu kompleks aktivitas serta tindakan berpola dari manusia dalam masyarakat
3. Wujud kebudayaan sebagai benda-benda hasil karya manusia.

2.6 Wujud Kebudayaan
 Tiga wujud kebudayaan menurut dimensi wujudnya:
1. Kompleks gagasan, konsep, dan pikiran manusia
   Wujud ini disebut sistem budaya, sifatnya abstrak, tidak dapat dilihat, dan berpusat pada kepala-kepala manusia yang menganutnya, atau dengan perkataan lain, dalam alam pikiran warga masyarakat dimana kebudayaan bersangkutan hiidup. 
2. Kompleks aktivitas 
    Berupa aktivitas manusia yang saling berinteraksi, bersifat kongkret, dapat diamati atau diobservasi, dan sering disebut sistem sosial. 
3. Wujud sebagai benda
    Aktivitas manusia yang saling berinteraksi tidak lepas dari berbagai penggunaan peralatan sebagai hasil karya manusia untuk mencapai tujuannya. Aktivitas karya manusia tersebut menghasilkan benda untuk berbagai keperluan hidupnya. kebudayaan dalam bentuk fisik yang kongkret bisa juga disebut kebudayaan fisik, mulai dari benda yang diam sampai pada benda yang bergerak. 


2.7 Orientasi Nilai Budaya
Menggunakan 5 masalah pokok kehidupan manusia dalam sisitem nilai budaya:
Kebudayaan sebagai karya manusia memiliki sistem nilai. Menurut C.Kluckhohn dalam karyanya Variations in Value Orientation (1961) sistem nilai budaya dalam semua kebudayaan di dunia, secara universal menyangkut lima masalah pokok kehidupan manusia yaitu:
1. Hakekat Hidup Manusia (MH)
2. Hakekat Karya Manusia (MK)
3. Hakekat Waktu Manusia  (WM)
4. Hakekat Alam manusia (MA)
5. Hakekat Hubungan Manusia (MN)

2.8 Perubahan Kebudayaan
Faktor–faktor yang mempengaruhi diterima atau tidaknya suatu unsur kebudayaan baru:
1. Terbatasnya masyarakat memiliki hubungan atau kontak dengan kebudayaan dan dengan orang-orang yang berasal dari luar masyarakat tersebut.
2. Jika pandangan hidup dan nilai-nilai yang dominan dalam suatu kebudayaan ditentukan oleh nilai-nilai agama, dan ajaran ini terjalin erat dalam keseluruhan pranata yang ada, maka penerimaan unsur baru itu mengalami hambatan dan harus disensor dulu oleh berbagai ukuran yang berlandaskan ajaran agama yang berlaku.
3. Corak struktur sosial suatu masyarakat turut menentukan proses penerimaan kebudayaan baru, misal sistem otoriter akan sukar menerima unsur kebudayaan baru. 
4. Suatu unsur kebudayaan diterima jika sebelumnya sudah ada unsur-unsur kebudayaan yang menjadi landasan bagi diterimanya unsur kebudayaan yang baru.
5. Apabila unsur yang baru itu memiliki skala kegiatan yang terbatas dan dapat dengan mudah dibuktikkan kegunaanya oleh warga masyarakat yang bersangkutan.

Penyebab terjadinya gerak/perubahan kebudayaan, yaitu: 
• Sebab-sebab yang berasal dari dalam masyarakat dan kebudayaan sendiri, misalnya perubahan jumlah dan komposisi penduduk.
• Sebab-sebab perubahan lingkungan alam dan fisik tempat mereka hidup. Masyarakat yang hidupnya terbuka, yang berada dalam jalur-jalur hubungan dengan masyarakat dan kebudayaan lain cenderung untuk berubah lebih cepat.
Perubahan ini, selain karena jumlah penduduk dan komposisinya, juga karena adanya difusi kebudayaan, penemuan-penemuan baru, khususnya teknologi dan inovasi. Proses akulturasi di dalam sejarah kebudayaan terjadi dalam masa-masa silam.
Biasanya suatu masyarakat hidup bertetangga dengan masyarakat-masyarakat lainnya dan antara mereka terjadi hubungan-hubungan, mungkin dalam lapangan perdagangan, pemerintahan dan sebagainya. Pada saat itulah unsure-unsur masing-masing kebudayaan saling menyusup. Proses migrasi besar-besaran, dahulu kala, mempermudah berlangsungnya akulturasi tersebut.

2.9 Kaitan Manusia dan Kebudayaan
Hubungan antara manusia dan kebudayaan:
Manusia sebagai perilaku kebudayaan, dan kebudayaan merupakan obyek yang dilaksanakan manusia yang keduanya menjadi satu kesatuan. 

Contoh tentang hubungan antara manusia dengan kebudayaan:
Hubungan antara manusia dengan peraturan-peraturan kemasyarakatan. Pada saat awalnya peraturan itu dibuat oleh manusia, setelah peraturan itu jadi maka manusia yang membuatnya harus patuh kepada peraturan yang dibuatnya sendiri. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa manusia tidak dapat dilepaskan dari kebudayaan, karena kebudayaan itu merupakan perwujudan dari manusia itu sendiri.

Pengertian dialektis yaitu:
Hubungan antara manusia dan kebudayaan ini dapat dipandang setara dengan hubungan antara manusia dengan masyarakat yang saling terkait satu sama lain. 
Tiga tahap dalam proses dialektis yaitu :
1. Eksternalisasi: Proses dimana manusia mengekspresikan dirinya dengan membangun dunianya.
2. Obyektivasi: Proses dimana masyarakat menjadi realitas obyektif, yaitu suatu kenyataan yang terpisah dari manusia dan berhadapan dengan manusia. 
3. Internalisasi: Proses dimana manusia mempelajari kembali masyarakatnya sendiri agar dia dapat hidup dengan baik, sehingga manusia menjadi kenyataan yang dibentuk oleh masyarakat. 

( Sumber: Buku MKDU Ilmu Budaya Dasar Oleh: Widyo Nugroho, Achmad Muchji Penerbit Gunadarma dan http://windahapsari.blogspot.com/2011/02/bab-2-manusia-dan-kebudayaan.html)

Review:
Menurut saya setiap kelompok/suku pasti memiliki kebudayaan dan mereka itu selalu melakukan adat yang mereka percaya adalah berasal dari kebudayaan nenek moyangnya zaman dahulu itu, sehingga kebudayaan tersebut sampai saat ini masih ada dan dimiliki oleh para penduduk di daerah pedalaman.

Contohnya saja di negara Indonesia ini misalnya, banyak sekali beragam suku dan budaya yang terdapat di seluruh negara Indonesia ini. Dari Aceh sampai Merauke banyak terdapat bermacam-macam budaya yang begitu indah dan unik sekali. Saya akan mengambil contoh kebudayaan di tempat lahir saya di daerah Madiun, Jawa Timur. Masyarakat desa di Jawa Timur, seperti halnya di Jawa Tengah, memiliki ikatan yang berdasarkan persahabatan dan teritorial. Berbagai upacara adat yang diselenggarakan antara lain: tingkepan (upacara usia kehamilan tujuh bulan bagi anak pertama), babaran (upacara menjelang lahirnya bayi), sepasaran (upacara setelah bayi berusia lima hari), pitonan (upacara setelah bayi berusia tujuh bulan), sunatan, pacangan. Itu semua adalah kebudayaan yang telah dianut oleh masyarakat desa di Jawa Timur sejak zaman nenek moyangnya dahulu. Tetapi zaman semakin lama semakin modern, lambat laun kebudayaan tersebut makin lama makin hilang saja. Karena masyarakat desa Jawa Timur yang sudah merantau apalagi merantau ke wilayah Ibukota beranggapan bahwa budaya semacam itu tidak dijalankan juga tidak apa-apa. Mereka selalu beranggapan seperti itu. Tapi kalau menurut saya kebudayaan tersebut pasti mengalir di darah di dalam tubuh masyarakat. Otomatis darah yang ada di dalam tubuhnya tersebut merupakan bentuk suatu adaptasi dari kebudayaan dimana masyarakat tersebut di lahirkan. Contohnya Si C itu anak dari Si A dan Si B yang berbeda kebudayaannya tetapi darah yang mengaliar yang ada di dalam tubuh Si C itu merupakan dua kebudayaan yang berlainan, entah itu lebih dominan kebudayaan yang dibawa dari Si A ataupun lebih dominan kebudayaan yang di bawa dari Si B ataupun bisa juga seimbang semuanya.

Dan itu merupakan satu ciri yang bisa dilihat oleh masyarakat luas sana untuk menilai diri kita ini. Jadi, banggalah mempunyai kebudayaan yang telah kita miliki sampai sat ini. Janganlah di hilangkan kebudayaan tersebut, karena kebudayaan itu merupakan sebagian dari hidup kita yang telah menyatu dengan diri kita. Jagalah kebudayaan yang kita punyai sampai saat ini dan terus lestarikan.

Wednesday, March 14, 2012

MANUSIA DAN CINTA KASIH

Pengertian Cinta Kasih
Menurut kamus umum bahasa Indonesia karya WJS Poerwadarminta. Cinta adalah rasa sangat suka (kepada) atau (rasa) sayang (kepada). Ataupun rasa sangat kasih atau sangat tertarik hatinya sedangkan kata kasih artinya perasaan sayang atau cinta kepada atau menaruh belas kasihan. Dengan demikian arti cinta dan kasih hampir bersamaan, sehingga kata kasih memperkuat rasa cinta. Karena itu cinta kasih dapat diartikan sebagai perasaan suka (sayang) kepada seseorang yang disertai menaruh belas kasihan. Pengertian tentang cinta dikemukakan oleh Dr. Sarlito.W.Sarwono. Dikatakan bahwa cinta memiliki 3 unsur yaitu:
  • Keterikatan yaitu adanya perasaan untuk hanya bersama dia, segala prioritas untuk dia, tidak mau pergi dengan orang lain kecuali dengan dia.
  • Keintiman yaitu adanya kebiasaan-kebiasaan dan tingkah laku yang menunjukkan bahwa antara anda dengan dia sudah tidak ada jarak lagi. Panggilan-panggilan formal seperti bapak, ibu, saudara digantikan dengan sekedar memanggil nama atau sebutan sayang.
  • Kemesraan yaitu adanya rasa ingin membelai atau dibelai, rasa kangen kalau jauh atau lama tidak bertemu, adanya ucapan-ucapan yang mengungkapkan rasa sayang. 

Didalam kitab suci Al Quran ditemui adanya fenomena cinta yang bersembunyi dalam jiwa manusia. Cinta memiliki 3 tingkatan yaitu: 
  1. Cinta tingkat tinggi yaitu cinta kepada Allah, rasulallah dan berjihad dijalan Allah.
  2. Cinta tingkat menengah yaitu cinta kepada orang tua, anak, saudara, istri/suami dan kerabat. 
  3. Cinta tingkat rendah yaitu cinta yang lebih mengutamakan cinta keluarga, kerabat, harta dan tempat tinggal. 

Kasih Sayang

Kasih sayang adalah perasaan sayang, perasaan cinta atau perasaan suka kepada seseorang. Dalam kehidupan berumah tangga kasih sayang merupakan kunci kebahagiaan. Kasih sayang ini merupakan pertumbuhan dari cinta. Dalam kasih sayang sadar atau tidak sadar dari masing-masing pihak dituntut tanggungjawab, pengorbanan, kejujuran, saling percaya, saling pengertian, saling terbuka, sehingga keduanya merupakan kesatuan yang bulat dan utuh. Bila salah satu unsur kasih saying hilang, misalnya unsur tanggungjawab, maka retaklah keutuhan rumah tangga itu.

Kemesraan
 

Kemesraan berasal dari kata dasar mesra, yang artinya perasaan simpati yang akrab. Kemesraan ialah hubungan yang akrab baik antara pria dan wanita yang sedang dimabuk asmara maupun yang sudah berumah tangga. Kemesraan pada dasarnya merupakan perwujudan kasih sayang yang mendalam.

Pemujaan
 

Pemujaan adalah salah satu manifestasi cinta manusia kepada Tuhannya yang diwujudkan dalam bentuk komunikasi ritual.

Belas Kasihan
Dalam surat Yohanes dijelaskan ada 3 macam cinta, yaitu: 
  1. Cinta Agape ialah cinta manusia kepada Tuhan. 
  2. Cinta Philia ialah cinta kepada ibu bapak (orang tua) dan saudara.
  3. Cinta Eros atau amor ini ialah cinta antara pria dan wanita.  


Beda antara cinta amor dan eros ini adalah citna eros cinta karena kodrati sebagi laki-laki dan perempuan, sedangkan cinta amor karena unsur-unsur yang sulit dinalar, misalnya gadis normal yang cantik mencintai dan mau menikahi seorang pemuda yang kerdil. Cinta terhadap sesama merupakan perpaduan cinta agape dan cinta philia. Cinta sesama ini diberikan istilah belas kasihan untuk membedakan antara cinta kepada orang tua, pria-wanita, cinta kepada Tuhan. Dalam cinta kepada sesama ini diberi istilah belas kasihan, karena cinta disini bukan karena cakapnya, kayanya, cantiknya, melainkan karena penderitaannya.


Review:
Kalau menurut saya, Cinta dan kasih sayang itu anugerah dan pemberian dari Allah SWT. Mereka itu dimiliki setiap manusia di bumi ini. Dan sebuah cinta itu akan datang ketika kita mencari cinta sejati kita yang belum ada atau hilang. Cinta itu bagaikan kupu-kupu, semakin dikejar akan semakin pergi jauh, tapi jika kita biarkan dia akan datang dengan sendirinya tanpa kita inginkan.

Manusia di muka bumi ini memilik sebuah cinta. Tapi kasih sayang itu lebih abadi dibandingkan dengan cinta. Kenapa saya mengatakan seperti itu? Karena kasih sayang itu tidak akan pernah putus sampai kapan pun itu baik di dunia maupun akhirat nanti. Semua manusia pasti memiliki rasa kasih sayang terhadap manusia yang lainnya baik terhadap keluarga, sanak saudara, kerabat/teman, kekasih, dsb. Rasa kasih sayang itu muncul dari dalam hati setiap manusia. Kasih sayang itu muncul karena adanya rasa saling percaya, saling bertanggung jawab, saling jujur, saling terbuka, dsb. Sedangkan cinta itu sendiri adalah tidak abadi. Kenapa bisa dibilang tidak abadi? Karena cinta itu sifatnya hanya sementara. Dia hanya bisa terucap di mulut saja, tetapi tidak disertai dengan tindakan. Tindakan disini adalah tindakan positif yang memunculkan rasa kasih sayang. Maka, sebuah cinta tanpa kasih sayang itu bagaikan hidup ini menjadi terasa hampa.

Tetapi apakah makna sejati tentang cinta? Tidak ada Cinta sejati didunia hanya cinta Tuhan kepada umatnya dan cinta orangtua kepada anaknya. Tanpa cinta hidup kita tak akan menjadi indah. Jadi, kasih sayang itu merupakan perwujudan dari sebuah cinta. Dua buah cinta akan menjadi satu dan akan muncul sebuah kasih sayang yang begitu erat. Kasih sayang inilah yang akan menjadikan cinta yang tulus sepanjang hayat.


Sumber TKPnya dari: 
elearning.gunadarma.ac.id/docmodul/…/bab4-manusia_dan_cinta_kasih.pdf

Tuesday, March 6, 2012

MANUSIA DAN KEADILAN

Setiap kehidupan manusia dalam melakukan aktivitasnya pasti pernah mengalami perlakuan yang tidak adil. Jarang sekali kita mengalami perlakuan yang adil dari setiap aktivitas yang kita lakukan. Dimana setiap diri manusia pasti terdapat suatu dorongan atau keinginan untuk berbuat jujur namun terkadang untuk melakukan kejujuran itu sangatlah sulit dan banyak kendalanya yang harus dihadapi, seperti keadaan atau situasi, permasalahan teknis hingga bahkan sikap moral.



Dampak positif dari keadilan itu sendiri dapat menghasilkan kreatifitas dan seni tingkat tinggi, karena ketika seseorang mendapat perlakuan yang tidak adil maka orang tersebut akan mencoba untuk bertanya atau memalukan perlawanan “protes” dengan caranya sendiri. Dan dengan cara itulah yang dapat menghasilkan kreatifitas dan seni tingkat tinggi seperti demonstrasi, melukis, menulis dalam bentuk apapun hingga bahkan membalasnya dengan berdusta dan melakukan kecurangan.

Arti dari keadilan itu sendiri adalah kondisi kebenaran ideal secara moral mengenai sesuatu hal, baik menyangkut benda  atau orang. Menurut sebagian besar teorinya, keadilan memiliki tingkat kepentingan yang sangat besar. John Rawls, filsuf Amerika Serikat yang dianggap salah satu filsuf politik terkemuka abad ke-20, menyatakan bahwa “Keadaan adalah kelebihan (virtue) pertama dari institusi sosial, sebagaimana halnya kebenaran pada sistem pemikiran”. Tapi, menurut kebanyakan teori juga, keadilan belum lagi tercapai. “Kita tidak hidup di dunia yang adil”. Kebanyakan orang percaya bahwa ketidakadilan harus dilawan dan dihukum, dan banyak gerakan sosial dan politis di seluruh dunia yang berjuang menegakkan keadilan memberikan pemikiran bahwa tidak jelas apa yang dituntut dari keadilan dan realita ketidakadilan, karena definisi apakah keadilan itu sendiri tidak jelas. Keadilan intinya adalah meletakkan segala sesuatunya pada tempatnya.

Menurut pendapat yang lebih umum dikatakkan bahwa keadilan itu adalah pengakuan dan perlakuan yang seimbang antara hak-hak dan kewajiban. Keadilan terletak pada keharmonisan menuntut hak dan kewajibannya. Atau dengan kata lain, keadilan adalah keadaan bila setiap orang memperoleh apa yang menjadi haknya dan setiap orang memperoleh bagian yang sama dari kekayaan bersama.

Adapun macam-macam keadilan sebagai berikut:

1. Keadilan Legal atau Keadilan Moral
Plato berpendapat bahwa keadilan dan hukum merupakan substansi rohani umum dari masyarakat yang membuat dan menjadi kesatuannya. Dalam masyarakat yang adil setiap orang menjalankan pekerjaan menurut sifat dasarnya paling cocok baginya (the man behind the gun). Pendapat Plato itu disebut keadilan moral, sedangkan oleh yang lainnya disebut keadilan legal.
Keadilan timbul karena penyatuan dan penyesuaian untuk memberi tempat yang selaras kepada bagian-bagian yang membentuk suatu masyarakat. Dan ketidakadilan terjadi apabila ada campur tangan terhadap pihak lain yang melaksanakan tugas-tugas yang selaras sebab hal itu akan menciptakan pertentangan dan ketidakserasian.

2. Keadilan Distributif
Aristoteles berpendapat bahwa keadilan akan terlaksana bilamana hal-hal yang sama diperlakukan secara sama dan hal-hal yang tidak sama diperlakukan tidak sama (justice is done when equels are treated equally).

3. Keadilan Komutatif
Keadilan ini bertujuan untuk memelihara ketertiban masyarakat dan kesejahteraan umum. Bagi aristoteles pengertian keadilan ini merupakan asas pertalian dan ketertiban dalam masyarakat. Semua tindakan yang bercorak ujung ekstrem menjadikan ketidakadilan dan akan merusak atau bahkan menghancurkan pertalian dalam masyarakat.

4. Kejujuran
Kejujuran atau jujur artinya apa-apa yang dikatakan seseorang sesuai dengan hati nuraninya, apa yang dikatakan sesuai dengan kenyataan yang ada. Sedang kenyataan yang ada itu adalah kenyataan yang benar-benar ada. Jujur juga berarti seseorang bersih hatinya dari perbuatan-perbuatan yang dilarang oleh agama dan hukum. Untuk itu dituntut satu kata dan perbuatan, yang berarti bahwa apa yang dikatakan harus sama dengan perbuatannya. Karena itu jujur berarti juga menepati janji atau kesanggupan yang terlampir melalui kata-kata ataupun yang masih terkandung dalam hati nuraninya yang berupa kehendak, harapan dan niat.
Sikapjujur itu perlu dipelajari oleh setiap orang, sebab kejujuran mewujudkan keadilan, sedang keadilan menuntut kemuliaan abadi, jujur memberikan keberanian dan ketentraman hati, serta menyucikan lagi pula membuat luhurnya budi pekerti. Pada hakekatnya jujur atau kejujuran dilandasi oleh kesadaran moral yang tinggi, kesadaran pengakuan akan adanya sama hak dan kewajiban, serta rasa takut terhadap kesalahan atau dosa. Adapaun kesadaran moral adalah kesadaran tentang diri kita sendiri karena kita melihat diri kita sendiri berhadapan dngan hal yang baik dan buruk.

Kejujuran bersangkut erat dengan masalah hati nurani. Menurut M.Alamsyah dalam bukunya budi nurani dan filsafat berfikir, yang disebut nurani adalah sebuah wadah yang ada dalam perasaan manusia. Wadah ini menyimpan suatu getaran kejujuran, ketulusan dalam meneropong kebenaran lokal maupun kebenaran illahi (M.Alamsyah, 1986: 83). Nurani yang diperkembangkan dapat jadi budi nurani yang merupakan wadah yang menyimpan keyakinan atas diri keyakinannya maka seseorang di ketahui kepribadiannya.

Dan hati nurani bertindak sesuai dengan norma-norma kebenaran akan menjadikan manusiannya memiliki kejujuran, ia akan menjadi manusia jujur. Sebaliknya orang yang secara terus-menerus berfikir atau bertindak bertentangan dengan hati nuraninya akan selalu mengalami konflik batin, ia akan selalu mengalami ketegangan, dan sifat kepribadiannya yang semestinya tunggal menjadi pecah. Untuk mempertahankan kejjuran, berbagai cara dan sikap yang perlu di pupuk. Namun demi sopan santun dan pendidikan, orang di perbolehkan berkata tidak jujur apabila sampai batas-batas yang ditentukan.

Study kasus
Nenek-Nenek Pencuri Kakao vs Koruptor
Sepertinya kasus-kasus yang beterbangan di negara ini benar-benar beraneka ragam dengan keanehannya masing-masing. Seperti contohnya kasus yang terjadi di daerah Banyumas, Jawa Tengah. Nasib sial meimpa seorang nenek-nenek yang ketahuan mencuri 3 biji kakao di daerah perkebunan yang akan dijadikan bibit dan sekarang nasibnya terancam hukuman percobaan 1 bulan 15 hari.
Miris juga melihat peradaban hukum di negara ini. Memang yang namanya pencurian tetap suatu kesalahan seberapapun besar kecilnya bila dipandang perlu ditindaklanjuti silakan saja. Hanya saja yang jadi tak berimbang di sini adalah, seorang nenek-nenek yang hanya mencuri 3 biji kakao harus berhadapan dengan meja hijau tanpa didampingi pengacara karenatidak adanya kemampuan finansial untuk membayar jasa pengacara. Sementara koruptor a.k.a maling uang rakyat yang bermilyar-milyar bahkan trilyunan bebas berkeliaran tanpa penyelesaian yang jelas.
Mafia-mafia peradilan, makelar-makelar kasus bisa bebas berkeliaran dan hidup bermewah-mewah. Memang benar bahwa semua itu sebagai proses peringatan supaya tidaklah menjadi contoh bagi yang lain dalam tindak pencurian. Tapi, apakah proses peradilan yang seadil-adilnya bagi koruptor dan para mafia eradilan tidak bisa ditegakkan seperti petugas hukum menindak tegas maling-maling ayam dan maling-maling seperti Ibu Minah?
Masyarakatlah sangantlah bisa menilai sendiri seperti apa wajah hukum di negara kita ini. Ketimpangan yang terjadi di dunia hukum saat ini, seperti bergulirnya kasus Bibit-Chandra yang terus berjalan dan belum menemukan titik temu yang jelas, ditambah lagi saat ini sedang bergulir kasus Polisi vs Jurnalisme.
Kapan yah peradilan di negara ini bisa berlaku adil tanpa mencari kambing hitam?
Kecurangan identik dengan ketidakjujuran atau tidak jujur dan sama pula degan licik meskipun tidak serupa benar. Kecurangan adalah apa yang diinginkan tidak sesuai dengan hati nuraninya atau orang itu memang dari hatinya sudah berniat curang dengan maksud memperoleh keuntungan tanpa bertenaga dan tanpa adanya usaha. Yang dimaksud dengan keuntungan adalah keuntungan yang berupa meteri. Mereka yang berbuat curang menganggap akan mendatangkan kesenangan atau kenikmatan, meskipun orang lain menderita karenanya. Kecurangan juga menyebabkan manusia menjadi serakah, tamak ingin menimbun kekayaan yang berlebihan dengan tujuan agar dianggap sebagai orang yang paling hebat, paling kaya dan senang bila masyarakat disekelilingnya hidup menderita. Orang seperti itu biasanya tidak senang bila ada orang yang melebihi kekayaannya, padahal agama apapun tidak membenarkan orang yang mengumpulkan harta sebanyak-banyaknya tanpa menghiraukan orang lain dan lebih lagi mengumpulkan harta dengan jalan yang curang. Hal semacam itu dalam istilah agama tidak akan di ridhoi oleh allah dan akan mendapatkan dosa yang setimpal.

Nama baik merupakan tujuan utama orang hidup. Nama baik adalah nama yang tidak tercela. Setiap orang menjaga dengan hati-hati agar namanya tetap baik. Lebih-lebih jika ia menjadi teladan bagi orang atau tetangga disekitarnya adalah suatu kebanggaan batin yang tak ternilai harganya.
Ada peribahasa yang berbunyi “Daripada berputih mata lebih baik berputih tulang” artinya oarng lebih baik mati daripada malu. Betapa besar nama baik itu sehingga nyawa menjadi taruhannya. Setiap orang tua selalu berpesan kepada anak-anaknya “Jagalah nama keluargamu!”. Dengan menyebut “nama” berarti sudah mengandung arti “nama baik”. Ada pula pesan orang tua yang menghadapi anaknya yang sudah dewasa sering kali berpesan “Laksanakan apa yang kamu anggap baik, dan jangan kamu laksanakan apa yang kamu anggap tidak baik!”. Dengan melaksanakan apa yang dianggap baik berarti juga menjaga nama baik dirinya sendiri, yang berarti menjaga nama baik keluarga juga.

Penjagaan nama baik sangat erat hubungannya dengan tingkah laku atau perbuatan. Atau boleh dikatakan nama baik atau tidak baik itu adalah dari tingkah laku atau perbuatannya. Yang dimaksud dengan tingkah laaku dan perbuatan itu, antara lain cara berbahasa, cara bergaul, sopan santun, disiplin pribadi, cara menghadapi orang, perbuatan-perbuatan yang dihalalkan agama dan lain sebagainya.

Review:
Menurut saya dalam setiap diri manusia harus adil satu dengan yang lainnya jangan hanya memikirkan egoisnya sendiri. Kita sebagai manusia harus saling membantu satu sama lain dan harus adil. Memang terkadang manusia lupa akan tugasnya agar berlaku adil terhadap siapapun itu, padahal di dunia ini harus serba seimbang, adil tanpa membedakan yang satu dengan yang lain. Karena dimana keadilan itu sangat diperlukan dan dibutuhkan sekali bagi setiap manusia yang hidup, namun sekarang ini keadilan sudah tidak berlaku lagi, karena siapa yang kuat dialah yang menang. Keadilan saat ini hanya formalitas saja yang ada di negara ini, buktinya keadilan itu bisa dibeli dengan uang. Di sinilah uang bisa berbicara bagi para orang-orang besar, tetapi lain halnya bagi orang-orang kecil, mereka selalu ditindas dengan rasa tidak adil. Seharusnya mereka-mereka yang jadi pemimpin haruslah bersikap adil dan tidak memandang bulu. Rakyat kecil sampai saat ini sangat mengharapkan yang namanya keadilan dari negara, tetapi di negara Indonesia ini masih banyak yang belum bisa berlaku adil, masih banyak yang terpengaruh oleh kekuasan, kenikmatan dan sebagainya sehingga melupakan mana yang benar dan mana yang harus disalahkan.

Siapa yang bersalah dialah yang harus dihukum dan siapa yang benar dialah yang harus dibebaskan. Rasa keadilan itu harus kita tegakkan bersama jangan hanya karena diberi uang jadi keadilan yang sesungguhnya itu tidak seperti kenyataannya. Jadi, keadilan itu sangat diharapkan dan perlu penegasan dalam melakukannya dan keadilan itu harus sesuai dan dipraktekkan di lapangan.
Dan rasa keadilan itu menurut saya harus dimulai dari diri sendiri agar bisa membedakan anatara mana yang benar dan yang salah, dan bila ada sebuah masalah maka sebaiknya dilihat secara obyektif jangan dilihat secara subyektif

Sumber :
http://abra139210.wordpress.com//2011/03/20/manusia-dan-keadilan/
http://efrin4mzil.blogspot.com/2009/03/manusia-dan-keadilan.html