Pages

Pages

Pages - Menu

Pages - Menu

Monday, November 14, 2011

SISTEM OPERASI DOS

v Sejarah 
MS-DOS sebenarnya dibuat oleh sebuah perusahaan pembuat komputer, yang bernama Seattle Computer Products (SCP) yang dikepalai oleh Tim Patterson yang belakangan direkrut oleh Microsoft untuk mengembangkan DOS pada tahun 1980 sebagai sebuah perangkat lunak sistem operasi dengan nama Q-DOS (singkatan dari Quick and Dirty Operating System), yang selanjutnya diubah namanya menjadi 86-DOS, karena Q-DOS didesain agar dapat berjalan pada komputer dengan prosesor Intel 8086.

Microsoft pun membeli lisensinya dengn harga 50.000 dolar Amerika dari SCP, lalu mengubah namanya menjadi MS-DOS. Selanjutnya, saat IBM hendak meluncurkan komputer pribadi yang disebut dengan IBM PC, Microsoft pun menjual lisensi MS-DOS kepada IBM.

v Pengertian DOS       
DOS adalah merupakan sistem operasi pertama Microsoft yang digunakan pada komputer-komputer versi lama. DOS merupakan sistem operasi dasar yang selalu ada pada sistem operasi Windows seakarang ini. Sudah jarang sekali menggunakan sistem operasi DOS karena sistem operasi Windows telah memiliki GUI (Graphical User Interface) yang sangat baik.
Walaupun DOS meruapakan sistem operasi ‘kuno’ namun DOS sangat penting untuk dipelajari. Dengan mempelajari DOS maka kita akan dapat menyelamatkan sistem komputer kita, terutama data-datanya jika suatu saat sistem operasi Windows kita mengalami masalah berat. 

v Keluarga DOS terbagi menjadi beberapa kelas, yakni :
  1. MS-DOS (Microsoft Disk Operating System), termasuk di antaranya adalah Tandy DOS, Compaq DOS, Q-DOS (Quick and Dirty Operating System) dan beberapa klon dari sistem operasi MS-DOS yang dijual kepada para pembuat sistem komputer IBM PC/Compatible.

  1. IBM PC-DOS (International Business Machine Personal Computer Disk Operating System), yang meskipun masih buatan Microsoft, diubah sedikit-sedikit untuk dapat digunakan oleh komputer IBM PC.

  1. DR-DOS (Digital Research Disk Operating System), yang dibuat oleh pembuat sistem operasi CP/M, Gary Kildall.

  1. Novell Personal Netware, merupakan versi DR-DOS yang dijual kepada Novell karena perusahaan yang menaungi CP/M mengalami kebangkrutan (Novell mengakuisisi Digital Research Incorporated).

  1. Caldera DOS, merupakan versi Novell Personal Netware yang dijual kepada Caldera Corporation.

  1. FreeDOS, merupakan versi DOS yang dibangun dari sisa-sisa pengembangan Caldera DOS, yang dikembangkan oleh komunitas open source. Sistem operasi ini merupakan sistem operasi yang menggunakan antarmuka dengan penggunaberbasis teks (text-mode user interface), dengan tanda kesiapan menerima perintah dari pengguna yang disebut dengan prompt. Sistem operasi ini juga bersifat single-tasking (hanya dapat menjalankan satu program pada satu waktu saja), menjalankan prosesor pada modus real (real mode), dan hanya dapat mendukung satu pengguna dalam satu waktu (single user).
v Pengembangan 
IBM dan Microsoft selanjutnya merilis versi-versi DOS, di mana versi IBM yang langsung dibundel dengan komputer IBM PC disebut dengan "IBM PC-DOS" (singkatan dari International Business Machine Personal Computer Disk Operating System). Pada awalnya, IBM hanya menggunakan apa yang layak digunakan dari MS-DOS yang dirilis oleh Microsoft, seperti program-programnya atau utilitas yang disertakannya. Karena itulah, versi IBM selalu dirilis lebih lambat dibandingkan dengan versi MS-DOS. Tapi, MS-DOS versi 4.0 adalah versi MS-DOS pertama yang benar-benar sama seperti IBM PC-DOS, karena Microsoft sedang berkonsenstrasi untuk mengembangkan sebuah sistem operasi penerus DOS, yang disebut dengan OS/2.

Microsoft, ketika melisensikan DOS kepada IBM, menandatangani perjanjian lisensi yang salah satu poinnya mengandung bahwa Microsoft boleh melisensikan MS-DOS kepada perusahaan selain IBM, dan para perusahaan tersebut dipersilakan mengubah nama MS-DOS menjadi nama yang mereka gunakan (contoh: TandyDOS, Compaq DOS, dan lainnya). Kebanyakan versi-versi tersebut tentu saja sama dengan versi yang telah dikembangkan oleh Microsoft dengan MS-DOS-nya, tapi Microsoft mulai mencabut perjanjian lisensinya.

v Dibawah ini merupakan kelebihan dan kekurangan dari DOS (Disk Operating System), yaitu:
1.   Kelebihan dari DOS (Disk Operating system), yaitu:
a)   Dos mudah untuk dioperasikan
b)   Space ruang hard disk bebas atau tidak terlalu besar
c)    Memory yang digunakan Dos hanya sedikit dalam kata lain tidak memakan banyak memory jika menggunakan Dos
d)   Kompatible semua Software dan Hardware
2.   Kekurangan dari Dos (Disk operating system), yaitu:
a)   Mode operasi Dos masih dalam bentuk teks atau command command yang harus dijalankan secara manual
b)   Dos kurang compatible terhadap beberapa program beroperasi pada mode grafis

v Di bawah ini merupakan keuntunngan dari DOS (Disk Operating System), yaitu:
1.   Keuntungan dan fungsi dari Dos, yaitu:
a)   Mengorganisasikan atau mengendalikan kegiatan computer. Dalam kata lain bisa digunakan untuk memonitoring kegiatan-kegiatan pada computer
b)   Dapat memanagement  sebuah file
c)    Dapat mengatur proses input dan output suatu data
d)   Dapat memanagement sebuah directory
e)    Dapat mengatur sebuah memory pc

No comments:

Post a Comment

Don't forget to give your's comennt :)
Thanks for a lot