KANG MAS DYAN'S BLOG: MACAM-MACAM IKAN LELE

Blogroll

MACAM-MACAM IKAN LELE

            Sekarang ini pembudidayaan ikan lele mulai berkembang baik. Kehadiran ikan lele dulu dipandang sebagai ikan murahan, sekarang kehadirannya terasa sangat diperlukan. Hal ini dapat dilihat dari semakin meningkatnya penggemar-penggemar ikan lele, restoran-restoran besar pun banyak menghidangkanya dalam berbagai bentuk hidangan yang lezat. Masyarakat luas sudah semakin mencari-cari, karena rasa dagingnya cukup gurih dan lezat. Dagingnya pun bersih dari duri-duri yang mengganggu, sehingga bila dibandingkan dengan ikan Gurame dan ikan Karper yang ternata dagingnya banyakberduri, maka sudah selaiaknya ikan lele ini derajatnya naik satu tingkat. Di dalam daging lele terkandung banyak kadar gizi yang tinggi diantaranya: protein 15%-18%; lemak 5%-10%; vitamin 1,2% dan mineral. Dalam usaha ternak ikan lele kadang kala ada masalah yang timbul, di anatara masalah yang timbul tersebut di antaranya adalah, pengadaan benih secara terus menerus masih merupan hambatan. Terlebih bila hanya mengharapkan benih ikan lele dari hasil pengumpulan atau penangkapan dari alam saja.
            Sedang para ahli perikanan giat melakukan penelitian terhadap mutu makanan, pemupukan, pemberantasan hama dan penyakit, padat penebaran, ke dalam kolam, management air serta pemijahan buatan dan lain sebagainya.
Klasifikasi Ikan Lele
            Dunia ilmu pengetahuan mulai mengenal ikan lele sejak LINNAEUS memberi nama ilmiah pada abad 18 yaitu Silurus batrachus. Sedang beberapa ahli lain memberi nama lain dan sinonim seperti Macropteronotus batrachus, Macropteronotus magur dan Clarias magur.
            Adapun klasifikasi ikan lele yang disusun oleh Weber dan de Beaufort (1965) adalah sebagai berikut:
Kelas                            :
Pisces
Anak kelas/Subkelas    :
Teleostei
Bangsa/Ordo                :
Ostariophysi
Anak Bangsa/Subordo :
Siluroidea
Suku/Famili                  :
Clariidae
Marga/Genus               :
Clarias
Jenis/Species                :
Clarias batrachus (L)

Keanekaragaman Ikan Lele
            Diperkirakan ada 5 jenis ikan lele yang dikenal, yaitu: Clarias batrachus (L), Clarias Leiacanthus Blkr, Clarias nieuhofi C & V, Clarias melanoderma Blkr dan Clarias teysmanni Blkr. Di antara kelima jenis ikan lele ini, Clarias batrachus yang paling sering dijumpai di perairan umum. Ada 3 jenis ikan lele yang langka/kritis keadaannya masa kini, yaitu Clarias melanoderma, Clarias nieuhofi dan Clarias teysmanni, sehingga perlu diadakan perlindungan untuk menjaga kelestarian hidupnya dengan cara membudidayakannya.
Ø Di Indonesia ikan lele mempunyai beberapa nama daerah antara lain:
1)      Ikan kalang (Padang)
2)      Ikan maut (Gayo, Aceh)
3)      Ikan pinlet (Kalimantan Selatan)
4)      Ikan keling (Bugis)
5)      Ikan lele (Jawa)
Ø Di negara lain dikenal dengan sebutan:
1)      Mali (Afrika)
2)      Plamond (Thailand)
3)      Ikan keli (Malaysia)
4)      Gura magura (Srilangka)
5)      Ca tre trang (Jepang)
Ø Dalam Bahasa Inggris disebut pula:
1)      Catfish
2)      Siluroid
3)      Mudfish
4)      Walking catfish

No comments:

Post a Comment

Don't forget to give your's comennt :)
Thanks for a lot

Copyright © KANG MAS DYAN'S BLOG Urang-kurai