Pages

Pages

Pages - Menu

Pages - Menu

Friday, April 25, 2014

EUFORIA PIALA DUNIA 2014

Euforia Piala Dunia 2014 sudah sangat terasa menjelang digelarnya ajang empat tahunan yang telah lama ditunggu-tunggu ini. Contohnya dengan dijualnya aksesoris-aksesoris berbau piala dunia yang banyak dijual di minimarket dan lain-lain.

Pasti kita sebagai warga Indonesia mengharapkan agar Indonesia bisa masuk menjadi peserta Piala Dunia, tapi melihat zona Asia yang sebelumnya dikuasai raksasa seperti Korea Selatan, Jepang, Iran, dan Arab Saudi, kini bertambah Australia yang memutuskan pindah ke zona Asia yang dinilai lebih kompetitif daripada zona Ocenia keliahatnya akan lebih menyulitkan Indonesia untuk bisa masuk ke Piala Dunia. 

Pada Piala Dunia 2014, Asia menempatkan 4 wakil untuk mengikuti turnamen sepakbola ter-akbar di jagat ini. Keempat negarara tersebut adalah : Australia, Jepang, Korea Selatan, dan Iran. Jordania yang sebelumnya mendapat kesempatan play-off melawan peringkat 5 zona Amerika Latin, akhirnya harus memupus harapan tampil di Piala Dunia 2014 setelah disingkirkan oleh Uruguay.

Pembagian group, Australia berada di Group B yang bisa dibilang berat karena satu group dengan juara bertahan, Spanyol.Sedangkan Jepang yang tergabung dalam Group C, secara teknis keempat negara yang tergabung punya kans lolos, meski Kolombia yang lebih diunggulkan. Iran yang tergabung di Group F harus berjibaku dengan Tim Tango yang mempunyai track record yang lebihcemerlang di Piala Dunia dengan menyandang 2x juara dunia. Di Group H, Korea Selatan harus menghadapi tim kuat Russia. Bagaimana dengan hasilnya nanti? Kita tunggu saja sampai Opening Match yang akan dimulai pada tanggal 12 Juni mendatang.

Dari ujung perkotaan hingga pelosok pedesaan tidak ada hentinya orang membicarakan Piala Dunia. Stasiun televisi dan radio sibuk membuat acara nonton bareng. Berbagai komunitas juga ikut ambil bagian ingin mengadakan nonton bareng. Semuanya larut dalam satu euforia Piala Dunia, tak memandang pria atau wanita, kaya atau miskin, tua atau muda, pejabat atau rakyat. Let's have fun and enjoy the match!


sumber :
http://olahraga.kompasiana.com/bola/2013/12/19/euforia-menyambut-world-cup-2014-619797.html

Wednesday, April 23, 2014

SUASANA PILEG DI TPS SAYA

Pesta demokrasi di Indonesia yang dikenal dengan Pemilihan Umum tahun 2014 dilaksanakan dalam dua pemilihan. Pertama yaitu memilih Anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD kabupaten yang dilaksanakan pada tanggal 9 April 2014 secara serentak di Indonesia dan juga akan menjadi pemilihan umum anggota DPR, DPD, dan DPRD langsung ketiga di Indonesia, kedua Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden pada tanggal 9 Juli 2014. 

Saya akan menceritakan suasana PILEG yang ada di tempat TPS saya yaitu TPS 105 di daerah Bekasi, dan kebetulan saya sehari sebelumnya pulang ke daerah Bekasi untuk menggunakan hak suara saya. Tempat pemungutan suara dilakukan di dekat rumah, tepatnya berada di sebuah taman. Dan pemilihan anggota legislatif ini berlangsung sejak pagi mulai jam 07.00. Ada sekitar 401 jumlah pemilih yang berada di TPS saya diantaranya 199 pemilih laki-laki dan 202 pemilih perempuan. Dihadirkan pula para saksi dari beberapa partai yang berjumlah 6 orang.  Dan sekitar jam 9-an TPS di tempat saya semakin ramai sekali hingga jam 12 siang. Banyak para pemilih yang harus mengantre untuk menggunakan hak suara mereka, dan sampai-sampai banyak yang harus menunggunya sambil berpanas-panasan di bawah teriknya sinar matahari yang menyengat. Tapi antusias warga yang memilih tak terbendungkan lagi. Hingga akhirnya waktu menunjukkan pukul 13.00 dan pemungutan suara pun telah ditutup.

Dan saatnya penghitungan suara pun dilakukan. Akan saya jabarkan perolehan suara, diantaranya:
1. Untuk DPR ada 256 surat suara yang sah, dengan perolehan suara yang tertinggi adalah dari partai PDIP, kemudian disusul oleh partai PKS dan Gerindra.
2. Untuk DPD ada 224 surat suara yang sah, dengan perolehan suara yang tertinggi adalah yang bernama Syifa Hananta.
3. Untuk DPRD Provinsi ada 252 surat suara yang sah, dengan perolehan suara yang tertinggi adalah dari partai PDIP, kemudian disusul oleh partai PKS dan Gerindra.
4. Dan yang terakhir adalah DPRD Kabupaten/Kota ada 252 surat suara yang sah, dengan perolehan suara yang tertinggi adalah dari partai PDIP, kemudian disusul oleh partai PKS dan Gerindra.

Pada saat penghitungan suara pun terjadi kejar-kejaran dari tiga partai tersebut yang banyak mendominasi. Serta sorak-sorai yang meriah dari para pendukung masing-masing partai.

Kesimpulannya adalah perolehan suara tertinggi di TPS saya dimenangkan dari partai PDIP dan yang kedua dari partai PKS sedangkan yang ketiga dari partai Gerindra. Dan mencoblos atau tidak itu urusan masing-masing. Wajib tidaknya itu pendapat pribadi. Saya berpendapat wajib. Alangkah baiknya kita ikut berpartisipasi dalam kegiatan yang hanya terjadi 5 tahun sekali seperti ini. Toh suara kita juga memiliki peran penting guna perkembangan bangsa dan negara kelak, karena dengan berada di bilik suara selama 5 menit akan menentukan 5 tahun kedepannya. Wakil yang terpilih lah yang bertanggung jawab untuk mempertanggung jawabkan semua amanat yang telah diberikan kepadanya.

Sunday, April 6, 2014

JKW4P

Menjelang Pemilu 2014, maka 2013 dijuluki sebagai tahun politik. Banyak caleg dari berbagai partai merupakan wajah lama dan diantara mereka dikatagorikan sebagai tokoh yang tidak layak dipilih lagi. Menurut ICW mereka dianggap sebagai anti korupsi, dan tentu saja dibantah oleh mereka yang masuk daftar merah itu.

Rakyat pun pusing dengan tingkah para pejabat, petinggi polisi, anggota DPR dan pejabat publik lainnya yang tampil tersenyum narsis ketika diperiksa di gedung KPK. Ada ahli psikologi yang mengatakan para tokoh yang cengar-cengir sambil melambaikan tangan itu sebagai "psikopat" (sebuah kelainan jiwa yang berbahaya).

Baru-baru ini muncul wacana atas pendeklarasian yang dibacakan oleh Puan Maharani di Lenteng Agung, Jakarta. Deklarasi resmi dari Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo untuk siap maju dalam pencalonan presiden 2014 langsung menjadi pemberitaan media nasional. Beberapa media internasional ternama itu diantaranya adalah TIMEReuters dan Sydney Morning Herald. Majalah terkemuka Amerika Serikat, TIME menuliskan pencapresan Jokowi lewat artikel bertajuk “Indonesia”s Most Popular Politician Joins Presidential Race” (Politisi Paling Populer Indonesia Maju Sebagai Capres). “Jokowi sejauh ini punya citra yang baik, tak ternoda oleh korupsi. Jika ia dapat menjaga reputasinya hingga 9 Juli, maka ia diprediksi bisa menang dalam pemungutan suara,” tulis TIME, Jumat (14/3/2014).

Salah satu media Inggris paling terkemuka melaporkan pencapresan Jokowi lewat berita berjudul “Indonesian opposition party nominates Jakarta governor Jokowi for president” (Partai Oposisi Indonesia mencalonkan Gubernur Jokowi sebagai presiden. “Hanya dalam waktu setahun sebagai Gubernur Ibukota Jakarta, popularitasnya semakin memuncak, lurus ke depan,” tulis Reuters. Media Australia, Sydney Morning Herald mengangkat judul “Joko Widodo to run for presidency in Indonesia” (Joko Widodo maju sebagai kandidat presiden di Indonesia). Dipaparkan bahwa, dengan dipilihnya Jokowi sebagai capres, maka menunjukkan bahwa Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri melepas ambisinya untuk maju kembali sebagai presiden.

Apakah masih ada harapan pada pemilu 2014 nanti? Kita akan disuguhi caleg dan capres atau cawapres yang diragukan kredibilitas dan kemampuannya. Apakah Jokowi perlu dicalonkan sebagai Presiden alternatif, tapi ada yang tidak setuju karena Jokowi lebih diharapkan untuk membangun dan membenahi Jakarta.

Yang mengerikan digunakannya media televisi, koran dan media Internet milik para tokoh politik yang superkaya itu untuk mempromosikan calon presidennya dengan berbagai iklan atau berita yang berbau promosi politik, bahkan ada tokoh pengusaha yang secara rutin menampilkan profile diri dan keluarganya. Apakah iklan itu akan efektif? Masyarakat pasti tidak bodoh. Mahasiswa dan masyarakat pasti akan melihat dan mengenang rekam jejak mereka beberapa tahun ini.

Yang penting, jangan sampai terjadi keguncangan politik dan kerusuhan ketika mendekati Pemilu 2014 atau sesudahnya.
Apakah anda punya calon alternatif untuk kita usulkan sebagai calon presiden? Kita punya impian supaya kita punya presiden RI yang punya jiwa leadership, tegas, tidak peragu dan berani.

Friday, April 4, 2014

CLOUD COMPUTING

Istilah “Cloud Computing” mungkin masih asing dan belum banyak di dengar  dalam berbagai media, karena memang masih tergolong istilah baru yang meski sebenarnya konsepnya sudah berlangsung lama. Cloud yang secara bahasa berarti awan. Dalam dunia IT, awan ini adalah sebuah internet.

Sejarah cloud computing dimulai pada tahun1960-an, John McCarth seorang pakar komputer dari MIT meramalkan bahwa suatu hari nanti komputerisasi akan menjadi infrastruktur publik layaknya seperti berlangganan listrik atau telepon. Kemudian pada akhir tahun 1990-an, lahir konsep ASP (Application Service Provider) yang ditandai munculnya perusahaan pengolah data center. Selanjutnya pada tahun1995, Larry Ellison, pendiri Oracle, melahirkan wacana “Network Computing” pasca penetrasi Microsoft Windows 95 yang merajai pasar software dunia pada saat itu. Ide itu menyebutkan bahwa PC tidak perlu dibenamkan software yang membuat berat kinerja dan cukup diganti sebuah terminal utama berupa server. Pada awal tahun 2000-an, Marc Beniof, eks Vice President Oracle melansir aplikasi CRM berbentuk “software as a service” bernama Salesforce.com sebagai penanda lahirnya cloud computing. Tahun 2005, situs online shopping Amazon.com meluncurkan Amazon EC2 (Elastic Compute Cloud), diikuti Google dengan Google App Engine, dan IBM yang melansir Blue Cloud Initiative.

Berdasarkan jenis layanannya, Cloud Computing dibagi menjadi berikut ini:
  1. Software as a Service (SaaS)
  2. Platform as a Service (PaaS)
  3. Infrastructure as a Service (IaaS)

Cloud computing itu sendiri adalah sebuah paradigma komputasi di mana kapabilitas IT disediakan sebagai layanan berbasis internet  atau dalam kata lain menggunakan Internet-based service untuk meng support business process. Akan tetapi, perkembangannya sangat luar biasa, karena perusahaan-perusahaan besar di bidang IT pun sekarang fokus ke hal ini. Bahkan Microsoft belum lama ini mengumumkan akan segera menyiapkan sistem terbarunya, Windows 7, yang sangat mendukung cloud computing, meskipun belum menjanjikan kapan beredarnya.  Apa sebenarnya cloud computing itu?
Cloud adalah awan, sebagai gambaran Internet, yang bagi user, tidak perlu tahu ada di mana. Yang penting bagi user adalah dapat terhubung ke Internet. Entah melalui jaringan telpon, jaringan kabel, jaringan hotspot, jaringan seluler, atau melalui warnet, yang penting terhubung ke Internet dengan koneksi yang (kalau bisa) cepat dan gratis. Sedangkan computing (komputasi) adalah berbagai pekerjaan yang dapat diselesaikan dengan perangkat komputer (termasuk ponsel, palmtop, dan perangkat lain). Jadi ringkasnya, cloud computing adalah kegiatan komputasi berbasis Internet.

Apa bedanya dengan pemakaian komputer biasa selama ini? Pada pemakaian komputer biasa, diperlukan sistem operasi dan program aplikasi. Sistem operasi sangat menentukan program aplikasi. Kalau pemakai memilih sistem operasi MS Windows misalnya, maka aplikasinya pun harus berbasis Windows. Demikian juga kalau sistemnya berbasis DOS, Linux, Mac, dan sebagainya. Padahal memilih sistem operasi sendiri sering membuat user pusing, mau yang gratisan, atau yang berbayar? Program aplikasi harus dipasang di komputer sesudah sistem operasi terpasang.

Kelebihan Cloud Computing
  • Menghemat biaya investasi awal untuk pembelian sumber daya.
  • Bisa menghemat waktu sehingga perusahaan bisa langsung fokus ke profit dan berkembang dengan cepat.
  • Membuat operasional dan manajemen lebih mudah karena sistem pribadi/perusahaan yang tersambung dalam satu cloud dapat dimonitor dan diatur dengan mudah.
  • Menjadikan kolaborasi yang terpercaya dan lebih ramping.
  • Mengehemat biaya operasional pada saat realibilitas ingin ditingkatkan dan kritikal sistem informasi yang dibangun.

Kekurangan Cloud Computing
  • Continuous high availability
  • Konsistensi (Consistency)
  • Interoperability dan Standartization
  • Skalabilitas untuk semua komponen
  • Data secrecy
  • Permasalahan legal dan politik dari penyimpanan data  dan translasi menyeberangi region
  • Issu performansi
  • Kesulitan kastemisasi
  • Hambatan organisasi
  • Service level
  • Cloud provider mungkin tidak akan konsisten dengan performance dari application atau transaksi. Mengharuskan anda untuk memahami service level mengenai transaction response time, data protection dan kecepatan data recovery.
  • Privacy
  • Karena orang lain / perusahaan lain juga melakukan hosting kemungkinan data anda akan keluar atau di baca oleh pemerintah U.S. dapat terjadi tampa sepengetahuan anda atau approve dari anda.
  • Compliance
  • Cloud service provider diharapkan dapat menyamakan level compliance untuk penyimpanan data didalam cloud

Sumber:
  • http://teknoinfo.web.id/teknologi-cloud-computing/
  • http://www.infokomputer.com/fitur/39-umum/3826-memahami-cloud-computing-bagian-1?showall=1 
  • http://www.slideshare.net/jhotank62/cloud-computing-fundamental
  • http://penjelajahelektronika.blogspot.com/

SEJARAH KOTA KELAHIRAN DI MADIUN

Madiun merupakan suatu wilayah yang dirintis oleh Ki Panembahan Ronggo Jumeno atau biasa disebut Ki Ageng Ronggo. Asal kata Madiun dapat diartikan dari kata "medi" (hantu) dan "ayun-ayun" (berayunan), maksudnya adalah bahwa ketika Ronggo Jumeno melakukan "Babat tanah Madiun" terjadi banyak hantu yang berkeliaran. Penjelasan kedua karena nama keris yang dimiliki oleh Ronggo Jumeno bernama keris Tundhung Medhiun. Pada mulanya bukan dinamakan Madiun, tetapi Wonosari.
  • Sebelum berubah menjadi Madiun, nama yang dipakai ada beberapa versi:
    Pada sejarah Kabupaten Madiun disebutkan 2 nama yaitu yaitu (desa/kabupaten) Wonorejo dan Purbaya. Sementara di Wikipedia muncul 2 nama yaitu Wonosari dan Purabaya 
  • Nama Madiun baru digunakan sejak tanggal 16 Nopember 1590 Masehi (untuk menggantikan nama (Purbaya / Purabaya).
  • Asal mula pemerintahan Kabupaten Madiun awalnya bermula dari Nguwaran Dolopo dan kemudian pusat pemerintahan dipindahkan ke desa Sogaten. Pada tahun 1575 berpindah lagi ke Desa Wonorejo atau Kuncen, Kota Madiun sampai tahun 1590
  • Pusat pemerintahan Kota Madiun semula adalah "Kuto Miring" terletak di Desa Demangan Kecamatan Taman Kota Madiun, kemudian digeser ke utara lagi yaitu ditengah Kota Madiun (sekarang di Komplek Perumahan Dinas Bupati Madiun).
  • Beberapa peninggalan keadipatian Madiun salah satunya dapat dilihat di Kelurahan Kuncen, dimana terdapat makam Ki Ageng Panembahan Ronggo Jumeno, Patih Wonosari selain makam para Bupati Madiun, Masjid Tertua di Madiun yaitu Masjid Nur Hidayatullah dll.
  • Di Kelurahan Taman juga dimakamkan pahlawan-pahlawan pada zaman lampau, termasuk Kyai Ronggo (tapi tak jelas disebutkan yang mana, karena Ronggo ada Ronggo I s/d III) Ali Basah Sentot Prawirodirdjo adalah putra dari Ronggo II.
  • Pada tanggal 1 Januari 1832 Madiun secara resmi dikuasai oleh Pemerintah Hindia belanda dan dibentuk suatu Tata Pemerintahan yang berstatus "Karisidenan".
  • Ibu Kota Karisidenan berlokasi di Desa Kartoharjo (tempat Patih Kartohardjo) yang berdekatan dengan Istana Kabupaten Madiun di Pangongangan.
  • Pada tahun 1906 Kerajaan Belanda mengeluarkan Undang-undang yang bertujuan untuk memisahkan wilayah perkotaan Madiun dari Pemerintah Kabupaten Madiun.
Sejak awal Madiun merupakan sebuah wilayah di bawah kekuasaan Kesultanan Mataram. Dalam perjalanan sejarah Mataram, Madiun memang sangat strategis mengingat wilayahnya terletak di tengah-tengah perbatasan dengan Kerajaan Kadiri (Daha). Oleh karena itu pada masa pemerintahan Mataram banyak pemberontak-pemberontak kerajaan Mataram yang membangun basis kekuatan di Madiun. Seperti munculnya tokoh Retno Dumilah.

Beberapa peninggalan Kadipaten Madiun salah satunya dapat dilihat di Kelurahan Kuncen, dimana terdapat makam Ki Ageng Panembahan Ronggo Jumeno, Patih Wonosari selain makam para Bupati Madiun, Masjid Tertua di Madiun yaitu Masjid Nur Hidayatullah, artefak-artefak disekeliling masjid, serta sendang (tempat pemandian) keramat.

Sejak masa Hindia-Belanda, Madiun adalah suatu gemeente yang berpemerintahan sendiri (swapraja) karena komunitas Belanda yang bekerja di berbagai perkebunan dan industri tidak ingin diperintah oleh Bupati (yang adalah orang Jawa). Sebagai suatu kota swapraja, Madiun didirikan 20 Juni 1918, dengan dipimpin pertama kali oleh asisten residen Madiun. Baru sejak 1927 dipimpin oleh seorang walikota. Berikut adalah walikota Madiun sejak 1927:

1. Mr. K. A. Schotman
2. J.H. Boerstra
3. Mr. L. van Dijk
4. Mr. Ali Sastro Amidjojo
5. Dr. Mr. R. M. Soebroto
6. Mr. R. Soesanto Tirtoprodjo
7. Soedibjo
8. R. Poerbo Sisworo
9. Soepardi
10. R. Mochamad
11. R. M. Soediono
12. R. Singgih
13. R. Moentoro
14. R. Moestadjab
15. R. Roeslan Wongsokoesoemo
16. R. Soepardi
17. Soemadi
18. Joebagjo
19. R. Roekito, B.A.
20. Drs. Imam Soenardji
21. Achmad Dawaki, B.A.
22. Drs. Marsoedi
23. Drs. Masdra M. Jasin
24. Drs. Bambang Pamoedjo
25. Drs. H. Achmad Ali
26. H.Kokok Raya, S.H., M.Hum
27. Drs. H. Bambang Irianto, SH.MM

Kota Madiun dahulu merupakan pusat dari Karesidenan Madiun, yang meliputi wilayah Magetan, Ngawi, Ponorogo, dan Pacitan. Meski berada di wilayah Jawa Timur, secara budaya Madiun lebih dekat ke budaya Jawa Tengahan (Mataraman atau Solo-Yogya), karena Madiun lama berada di bawah kekuasaan Kesultanan Mataram. Pada tahun 1948, terjadi pemberontakan yang dilakukan oleh PKI di Madiun, yang dipimpin oleh Musso di dungus, Wungu, Kab Madiun yang sekarang di kenal dengan nama Monumen Kresek.

Sumber:

MENGENAI SOFTWARE DATABASE ORACLE

Oracle merupakan software database yang menggunakan bahasa SQL (Structured Query Language), di dalam dunia database istilah query dapat diartikan “Permintaan Data”. Saat ini SQL merupakan bahasa query standard di berbagai software database. Berbagai software database dapat diakses menggunakan bahasa SQL. Sehingga selain di Oracle, anda dapat menggunakan SQL di software database yang lain seperti Microsoft SQL Server, MySQL, Informix, DB2, Interbase dan software database yang lain.

Keistimewaan Oracle
Oracle dikenal sebagai database server untuk internet dan jaringan. Keistimewaan Oracle cukup banyak, yaitu:
·      Client/Server Environtment
Oracle berjalan di jaringan komputer. Oracle memisahkan proses antara database server dan aplikasi client. Server yang terinstall Oracle bertanggung jawab menangani proses database, sementara workstation/client yang menjalankan aplikasi hanya berkonsentrasi menampilkan data. Struktur ini akan mengurangi kemacetan data.

·      Ukuran database yang besar dan pengaturan space
Oracle mendukung ukuran database yang sangat besar hingga jumlahnya terabyte. Oracle juga mendukung pengaturan penggunaan space di harddisk sehingga ruang harddisk termanfaatkan dengan efisien.

·      Multiuser
Oracle dapat melayani banyak user yang terkoneksi dalam waktu yang sama dan mengakses data yang sama. Dengan fasilitas ini Oracle mampu menghindari konflik data.

·      Connectibility
Oracle dapat menggunakan berbagai sistem operasi dalam suatu jaringan untuk mengakses data.

·         High Transaction Processing Performance
Oracle dapat mengatur sistem agar pemrosesan database berjalan cepat walaupun jumlah transaksi sangat banyak dalam suatu waktu.

·         Availability
Oracle dapat menjalankan database 24 jam sehari tanpa istirahat. Pemisahan sistem komputer dan proses backup dapat dilakukan secara Online tanpa harus mematikan database.

·         Standar industri yang terbuka
Oracle diterima oleh berbagai standar industri untuk mengakses data, sistem operasi, user interface dan protokol jaringan.

·         Manajemen keamanan yang sangat baik
Untuk menghindari akses database dari pihak yang tidak diinginkan, Oracle memiliki fitur untuk membatasi dan memonitor akses data.

·         Database Enforced Integrity
Oracle memiliki kontrol untuk mengendalikan data mana saja yang dapat diterima di database. Anda tidak perlu membuat kode dibanyak aplikasi, cukup di satu database Oracle.

·         Portabilitas
Oracle dapat berjalan di berbagai sistem opersi baik Linux, Windows, Unix dan masih banyak lagi. Aplikasi yang menggunakan database Oracle dapat dengan mudah mengakses data Oracle yang berjalan di sistem operasi apa pun.

·         Distributed System
Oracle dapat memisahkan databasenya dalam komputer-komputer yang secara fisik terpisah, namun secara logis terlihat seperti satu database. Semua user dalam jaringan dapat mengakses data tersebut seolah-olah mengakses satu database.

·         Replicated Environtment
Oracle mampu menduplikasi database objek dalam lokasi server yang berbeda-beda. Hal ini sangat membantu jika salah satu server rusak dan server lain langsung menggantikan fungsinya

Tipe Data Dalam Oracle
Tipe data yang didukung dalam oracle adalah antara lain:

Tipe data
Deskripsi
VARCHAR2
Berisi variabel karakter dengan panjang maksimal 400 karakter.
CHAR
Berisi karakter berukuran tetap dengan panjang maksimal 2000 Bytes.
NUMBER
Berisi data numerik.
DATE
Berisi data tanggal.
RAW
Berisi data binary hingga ukuran 2000 bytes.
LONG
Berisi data teks hingga ukuran 2 GigaBytes.
LONG RAW
Berisi data binary hingga ukuran 2 GigaBytes.
ROWID
Berisi nilai id dari suatu baris tabel.
BLOB
Berisi obyek binary hingga ukuran 4 GigaBytes.
CLOB
Berisi obyek karakter hingga ukuran 4 GigaBytes.
BFILE
Berisi eksternal binary file, ukuran dibatasi oleh sistem operasi.


Sumber: http://khalishahazzahra.blogspot.com/p/oracle.html

PENGERTIAN HTML

HyperText Markup Language (HTML) adalah sebuah bahasa markah yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web, menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah penjelajah web Internet dan pemformatan hiperteks sederhana yang ditulis dalam berkas format ASCII agar dapat menghasilkan tampilan wujud yang terintegerasi. Dengan kata lain, berkas yang dibuat dalam perangkat lunak pengolah kata dan disimpan dalam format ASCII normal sehingga menjadi halaman web dengan perintah-perintah HTML. Bermula dari sebuah bahasa yang sebelumnya banyak digunakan di dunia penerbitan dan percetakan yang disebut dengan SGML (Standard Generalized Markup Language), HTML adalah sebuah standar yang digunakan secara luas untuk menampilkan halaman web. HTML saat ini merupakan standar Internet yang didefinisikan dan dikendalikan penggunaannya oleh World Wide Web Consortium (W3C). HTML dibuat oleh kolaborasi Caillau TIM dengan Berners-lee Robert ketika mereka bekerja di CERN pada tahun 1989 (CERN adalah lembaga penelitian fisika energi tinggi di Jenewa).

Kegunaan:
      Mengintegerasikan gambar dengan tulisan.
      Membuat Pranala.
      Mengintegerasikan berkas suara dan rekaman gambar hidup.
      Membuat form interaktif.

HTML dokumen tersebut mirip dengan dokumen tulisan biasa, hanya dalam dokumen ini sebuah tulisan bisa memuat instruksi yang ditandai dengan kode atau lebih dikenal dengan TAG tertentu. Sebagai contoh jika ingin membuat tulisan ditampilkan menjadi tebal seperti: TAMPIL TEBAL, maka penulisannya dilakukan dengan cara: < b> TAMPIL TEBAL</b>. Tanda < b> digunakan untuk mengaktifkan instruksi cetak tebal, diikuti oleh tulisan yang ingin ditebalkan, dan diakhiri dengan tanda </b> untuk menonaktifkan cetak tebal tersebut. HTML lebih menekankan pada penggambaran komponen-komponen struktur dan format di dalam halaman web daripada menentukan penampilannya. Sedangkan penjelajah web digunakan untuk menginterpretasikan susunan halaman ke gaya built-in penjelajah web dengan menggunakan jenis tulisan, tab, warna, garis, dan perataan text yang dikehendaki ke komputer yang menampilkan halaman web. Salah satu hal Penting tentang eksistensi HTML adalah tersedianya Lingua franca (bahasa Komunikasi) antar komputer dengan kemampuan berbeda. Pengguna Macintosh tidak dapat melihat tampilan yang sama sebagaimana tampilan yang terlihat dalam pc berbasis Windows. Pengguna Microsoft Windows pun tidak akan dapat melihat tampilan yang sama sebagaimana tampilan yang terlihat pada pengguna yang menggunakan produk-produk Sun Microsystems. namun demikian pengguna-pengguna tersebut dapat melihat semua halaman web yang telah diformat dan berisi Grafika dan Pranala.