Pages

Pages

Pages - Menu

Pages - Menu

Saturday, May 24, 2014

PERKEMBANGAN TIMNAS U-19

Persepakbolaan Indonesia memiliki goresan panjang sejarah yang penuh dengan dinamika. Minimnya prestasi timnas dalam satu dekade terakhir ini hanya menempatkan Indonesia sebagai penonton dalam ajang sepakbola akbar seperti Piala Asia (AFC Cup) maupun Piala Dunia (FIFA World Cup).
Timnas Indonesia memang belum mampu menorehkan prestasi yang menakjubkan baik dikancah regional maupun Internasional. Lihat saja ketika Indonesia sebagai salah satu tuan rumah berlaga di Putaran Final Piala Asia 2007 namun tidak mampu lolos dari kualifikasi Grup.
Hal ini diperparah lagi karena 4 tahun kemudian Indonesia mengalami masa suram persepakbolaan nasional yang berakibat tidak mampunya Timnas senior untuk lolos dari babak kualifikasi Pra Piala Asia tahun 2011 dan perpecahan ditubuh PSSI yang mengakibatkan sepakbola Indonesia berlumur konflik ditahun 2012.
Namun kini sepertinya telah berhembus angin segar yang membawa efek positif dalam persepakbolaan Indonesia, yaitu ketika tim nasional muda U-19 bertanding dalam final AFF CUP 2013 di Stadion Gelora Delta Sidoarjo (22/9/13) dan berhasil merengkuh kemenangan melawan Vietnam yang dilanjutkan dengan meraih kemenangan 3-2 atas Korea Selatan dalam laga terakhir penyisihan Grup G Kualifikasi Piala Asia U-19 di Stadion Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Sabtu (12/10/2013).

Sukses Namun Waspada
Indonesia sebagai juara grup telah meraih tiket putaran final Piala Asia U-19 yang akan berlangsung tahun depan di Myanmar. Kemenangan yang diraih tersebut harus dihargai sebab merupakan sebuah jalan masuk bagi kesuksesan Timnas muda.
Penonton telah memberi semangat dan seluruh kinerja pelatih, official dan pemain Timnas merah-putih patut diacungi jempol. Layaklah jika penghargaan ’the man behind the gun’ untuk kesuksesan Timnas Garuda Muda hari ini diberikan kepada Rakyat Indonesia dan Pelatih Indra Sjafri yang cukup piawai dalam menerapkan strategi.
Timnas Garuda Muda yang di isi para pemain muda berbakat yang potensial membawa nama besar Indonesia dimasa depan kini mulai menunjukkan tajinya. Sebut saja Evan Dimas yang disebut menjadi salah satu pahlawan Timnas Merah-Putih lewat hat-trick dalam laga krusial melawan Korea Selatan tersebut. Begitu juga penampilan apik nan brilian dari kiper Ravi Murdianto dalam menjaga gawang Timnas Indonesia.
Namun ada hal-hal yang perlu diwaspadai oleh seluruh pemain dan pelatih dalam meraih kesuksesan, karena tentu kita tidak mau ada tangan-tangan yang kembali merusak manisnya masa depan persepakbolaan nasional seperti yang pernah terjadi sebelumnya.
                Pelatih Indra Sjafri jangan sampai lengah sebab lolosnya Timnas U19 keputaran final piala Asia yang akan digelar di Myanmar pada Oktober 2014 mendatang merupakan sebuah pintu masuk menuju kesuksesan yang lebih besar bagi kejayaan Indonesia dimata Internasional.
                Sementara itu bagi mereka yang berada diluar lapangan dan berada dibelakang layar yang turut memberi kontribusi kesuksesan perjalanana Timnas U-19 janganlah menjadi orang yang merasa paling berjasa, namun teruslah memberi kontribusi karena kesuksesan yang lebih besar telah menanti dimasa depan lewat kesungguhan hati para pemain Timnas U19 yang semakin solid hari demi hari. Sebab setiap kesuksesan yang diraih anak bangsa akan membawa nama baik Indonesia dimata dunia dan ini merupakan hasil kerja keras semua orang.
Namun ditengah tingginya moral timnas Garuda muda saat ini, Mungkin juga harus tetap berhati-hati terhadap nama-nama yang biasa mencari popularitas lewat pentas sepakbola Indonesia. Hal ini sangat membahayakan dan dapat kembali merusak mental dan proesionalitas para pemain sehingga menurunkan tingkat kerja keras dan semangat para pemain. Lihat saja belum lama ini sewaktu Irfan bahdim dan kawan-kawan begitu dipuja dalam ajang sepakbola AFF Tahun 2010 namun ketika dipolitisir oleh beberapa orang yang hanya mementingkan diri sendiri menyebabkan kinerja anak-anak Timnas Merah-Putih waktu itu menurun drastis dan kehilangan kesempatan dalam meraih juara.

Harapan Dimasa Depan
Segudang prestasi mungkin belum dapat diraih dalam 5 tahun ini, tapi melihat perkembangan skuad garuda muda yang memiliki potensi sangat tinggi, tidak mustahil bahwa Indonesia akan mampu bersaing dilevel Asia serta berjaya dan ditakuti setidak nya dilevel Negara-negara asia tenggara setelah meraih piala AFF U-19 belum lama ini.
Sementara itu, harapan masa depan yang cerah terbuka lebar berjaya di level Asia jika dapat meraih sukses di Myanmar tahun depan, bahkan setidak nya 5-10 tahun kedepan akan Indonesia berpeluang bertarung di Piala Dunia sehingga dengan itu Indonesia akan kembali mendapat julukan sang macan Asia dalam kancah persepakbolaan Internasional.
Setelah gagal menuju piala dunia 2014 di Brazil, Generasi muda sepakbola Indonesia memang tidak menutup kemungkinan akan bisa menembus piala dunia tahun 2018 yang akan digelar DiRusia jika berhasil lolos dari babak kualifikasi. Namun jika kembali gagal, bakat-bakat muda Indonesia tetap memberi harapan membawa Indonesia pada Piala Dunia 2022 mendatang yang rencananya akan digelar di Qatar.
Pada akhirnya, Rakyat Indonesia kini ingin melihat talenta muda Timnas Garuda benar-benar dipupuk menuju masa keemasannya yang diperkirakan 5-10 tahun kedepan. Pesan penulis adalah bahwa kita perlu mencontoh timnas Spanyol yang 10 tahun lalu belum memberi prestasi bagi Negaranya, namun lewat pelatihan talenta-talenta mudanya hari ini Timnas Spanyol telah berhasil meraih gelar-gelar bergengsi seperti Piala Dunia dan Piala Eropa.
Dan pastinya tentu kita tidak mau Indonesia kembali tanpa prestasi ditengah banyaknya potensi sumber daya manusia dan bakat muda untuk pengembangan sepakbola nasional. Harapan Indonesia untuk berjaya dimasa depan kini terbuka lebar lewat timnas garuda muda maupun potensi muda diseluruh wilayah Nisantara. Oleh karena itu kemampuan (skill) dan Profesionalisme para pemain harus dipupuk sejak dini serta dikuatkan oleh semua pihak dan bukan malah dipolitisir oleh orang-orang tertentu demi keuntungan semata. 

Sumber: http://sherlyvhandayani.blogspot.com/2013/11/timnas-u-19-harapan-masyarakat-indonesia.html

Sunday, May 18, 2014

MAY DAY (HARI BURUH)

Hari Buruh pada umumnya dirayakan pada tanggal 1 Mei, dan dikenal dengan sebutan May Day. Hari buruh ini adalah sebuah hari libur (di beberapa negara) tahunan yang berawal dari usaha gerakan serikat buruh untuk merayakan keberhasilan ekonomi dan sosial para buruh. 

May Day lahir dari berbagai rentetan perjuangan kelas pekerja untuk meraih kendali ekonomi-politis hak-hak industrial. Perkembangan kapitalisme industri di awal abad 19 menandakan perubahan drastis ekonomi-politik, terutama di negara-negara kapitalis di Eropa Barat dan Amerika Serikat. Pengetatan disiplin dan pengintensifan jam kerja, minimnya upah, dan buruknya kondisi kerja di tingkatan pabrik, melahirkan perlawanan dari kalangan kelas pekerja.

Indonesia pada tahun 1920 juga mulai memperingati hari Buruh tanggal 1 Mei ini. Tetapi sejak masa pemerintahan Orde Baru hari Buruh tidak lagi diperingati di Indonesia, dan sejak itu, 1 Mei bukan lagi merupakan hari libur untuk memperingati peranan buruh dalam masyarakat dan ekonomi. Ini disebabkan karena gerakan buruh dihubungkan dengan gerakan dan paham komunis yang sejak kejadian G30S pada 1965 ditabukan di Indonesia.

Semasa Soeharto berkuasa, aksi untuk peringatan May Day masuk kategori aktivitas subversif, karena May Day selalu dikonotasikan dengan ideologi komunis. Konotasi ini jelas tidak pas, karena mayoritas negara-negara di dunia ini (yang sebagian besar menganut ideologi nonkomunis, bahkan juga yang menganut prinsip antikomunis), menetapkan tanggal 1 Mei sebagai Labour Day dan menjadikannya sebagai hari libur nasional.

Setelah era Orde Baru berakhir, walaupun bukan hari libur, setiap tanggal 1 Mei kembali marak dirayakan oleh buruh di Indonesia dengan demonstrasi di berbagai kota.Kekhawatiran bahwa gerakan massa buruh yang dimobilisasi setiap tanggal 1 Mei membuahkan kerusuhan, ternyata tidak pernah terbukti. Sejak peringatan May Day tahun 1999 hingga2006 tidak pernah ada tindakan destruktif yang dilakukan oleh gerakan massa buruh yang masuk kategori "membahayakan ketertiban umum". Yang terjadi malahan tindakan represif aparat keamanan terhadap kaum buruh, karena mereka masih berpedoman pada paradigma lama yang menganggap peringatan May Day adalah subversif dan didalangi gerakan komunis.

Sumber:

HEARTBLEED (DEBUG INTERNET

Beberapa hari yang lalu para pengguna internet dihebohkan oleh sebuah masalah keamanan terbaru, hal tersebut bernama "Heartbleed Bug". Heartbleed bug muncul sebagai bencana besar yang muncul dan mengancam kelangsungan dunia internet. Tetapi sebelumnya, apa itu Heartbleed Bug?

Apa itu Heartbleed Bug?
Internet memiliki set protokol untuk menangani keamanan ketika beroperasi mengalirkan trafik data yang sering disebut sebagai Secure Socket Layer (SSL) dan diteruskan Transport Layer Security (TLS). Protokol SSL / TLS menjadi bagian utama dari sistem kerja yang ada pada web modern. OpenSSL kemudian dikembangkan secara Open Source untuk membantu proses pengamanan protokol di interner. OpenSSL diterapkan pada akhir tahun 1998 silam .

Berdasarkan data yang diperoleh dari berbagai sumber dan Mashable, Heartbleed adalah sebuah bug yang ada di dalam kriptografi OpenSSL. Kriptografi itu digambarkan menyerupai grafik detak jantung pada alat monitoring detak jantung. Bug itu membuka celah agar setiap orang di internet mengakses lalu lintas memori yang berlangsung dari server ke client, begitu pula sebaliknya. Akses dari lalu lintas memori itu bisa memberikan kesempatan kepada hacker agar bisa memperoleh kunci masuk dan mengakses ke dalam sebuah layanan milik orang lain, setelah masuk melalui akses yang berhasil diekspos, hacker dapat dengan mudah mengambil berbagai informasi pribadi seperti username, password, data kartu kredit maupun data penting lainnya.

Apa yang harus dilakukan?
Untuk berjaga-jaga, disarankan untuk mengganti password untuk semua akun.

Sumber:
http://primonymous.blogspot.com/2014/04/penjelasan-tentang-heartbleed-bug.html

PENUTUPAN WINDOWS XP

Sebelumnya ada kabar bahwa Microsoft akan memperpanjang usia Windows XP sampai tahun 2020, namun kenyataannya tetap saja Windows XP akan ditutup oleh Microsoft di tahun 2014 mendatang. Bahkan Microsoft menghimbau agar para pengguna sistem operasi Windows XP segera beralih secepatnya ke Windows 7 maupun Windows 8.

Kondisi tersebut memaksa para pengguna Windows XP untuk segera berganti ke sistem operasi terbaru. Mungkin banyak pertanyaan apakah di Tahun 2014 Microsoft benar-benar tidak berfungsi lagi? Jangan salah menanggapi berita ini, karena pada kenyataannya yang dimaksudkan adalah Microsoft akan melakukan pemberhentian pada seluruh dukungan teknis terhadap Windows XP, tepatnya pada tanggal 8 April 2014 akan dihentikan seluruh dukungan bagi sistem operasi tersebut.

Apabila tetap menggunakan Windows XP akan dikhawatirkan komputer tersebut akan menjadi korban kejahatan cyber, karena dengan penutupan tersebut, Microsoft telah menghentikan perilisan pembaruan keamanan. Sejak tanggal yang telah ditentukan tersebut, Microsoft tidak lagi menyediakan pembaruan pada fitur-fitur dan patch keamanan untuk semua sistem operasi Windows XP.

Berbagai situs telah banyak membahas mengenai berita Windows XP segera ditutup di tahun 2014. Jika kita mereview kembali, Windows XP telah menjadi salah satu produk paling sukses sepanjang sejarah Microsoft, dan merupakan sistem operasi (OS) yang paling banyak digunakan di seluruh dunia.

Salah satu keunggulan yang dimiliki Windows XP adalah enkripsi EFS yang mana digunakan untuk memberikan keamanan pada data-data penting sehingga sulit dibuka oleh pengguna lain karena menggunakan kode yang hanya anda sendiri yang mengetahuinya. Selain itu Windows XP juga memiliki kelebihan dalah teknik mengatur software yang dapat menghindarkan dari DLL HELL atau neraka DLL, karena kelebihan yang dimiliki tersebut, Windows XP merupakan OS yang stabil untuk digunakan.

Sumber:


Monday, May 5, 2014

SOLUSI PENANGGULANGAN BENCANA KEBAKARAN HUTAN DAN TANAH LONGSOR

A.      Hubungan Ekologi Hutan Dengan Bencana Alam Kebakaran Hutan dan Tanah Longsor
Tentu telah kita ketahui banyak tentang bencana alam kebakaran hutan dan tanah longsor. Kedua bencana alam tersebut sering terjadi di Negara kita ini. Kebakaran hutan merupakan bencana alam berupa terbakarnya hutan yang disebabkan oleh dua hal. Hal pertama yaitu disebabkan oleh ulah manusia. Manusia dengan sengaja membakar hutan untuk menjadikan hutan tersebut menjadi lahan pertanian masyarakat sekitar. Hal kedua yaitu disebabkan oleh gejala-gejala alam itu sendiri.
Timbulnya bencana alam seperti kebakaran hutan, banjir pada musim hujan, dan kekeringan pada musim kemarau, tanah longsor, gunung meletus, punahnya berbagai kehidupan dari muka bumi merupakan masalah yang berkaitan dengan keseimbangan ekologi.
Secara umum ekologi didefinisikan sebagai ilmu yang mempelajari hubungan timbal balik antara organisme yang satu dengan organism yang lain serta lingkungannya.[1]  Hubungan timbal balik tersebut tentunya berlaku juga pada kehidupan manusia. Manusia membutuhkan hutan hutan untuk memenuhi banyak kebutuhan mereka. Sedangkan jika manusia membakar hutan tanpa mempedulikan efek sampingnya, maka bencana-bencana lain akan muncul sebagai efek samping tersebut. Salah satu contohnya adalah tanah longsor.

Dari penjelasan di atas, telah kita ketahui bahwa kondisi alam dan perlakuan makhluk terhadapnya dapat mempengaruhi kondisi alam dan kehidupan makhluk lain di sekitarnya. Dengan demikian benarlah jika ekologi merupakan hal penting yang mempengaruhi kondisi system ekologi itu sendiri.

B.      Sebab Akibat Dari Bencana Alam Kebakaran Hutan dan Tanah Longsor
Seperti yang telah dijelaskan, bencana alam memiliki sebab-sebab dan akibat-akibat yang ditimbulkannya. Berikut ini adalah sebab akibat dari kebakaran hutan dan tanah longsor.
Untuk yang pertama ini adalah sebab akibat dari kebakaran hutan. Penyebab kebakaran hutan, yaitu:
1.  Sambaran petir pada hutan yang kering karena musim kemarau yang panjang.
2. Kecerobohan manusia antara lain membuang punting rokok sembarangan dan lupa mematikan api di perkemahan.
3.   Aktivitas vulkanis seperti terkena aliran lahar atau awan panas dari letusan gunung berapi.
4.   Tindakan yang disengaja seperti untuk membersihkan lahan pertanian atau membuka lahan pertanian baru.
5.    Kebakaran di bawah tanah/ground fire pada daerah tanah gambut yang dapat menyulut kebakaran di atas tanah pada saat musim kemarau.

Akibat/dampak dari kebakaran hutan, yaitu:
1.    Menyebabkan emisi gas karbondioksida ke atmosfer.
2.  Terbunuhnya satwa liar dan musnahnya tanaman baik karena kebakaran, terjebak asap, atau rusaknya habitat. Kebakaran juga dapat menyebabkan spesies endemic/khas di suatu daerah turut punah sebelum sempat dikenali.
3.    Menyebabkan banjir selama beberapa minggu disaat musim hujan dan kekeringan disaat musim kemarau.
4.  Kekeringan yang ditimbulkan dapat menyebabkan terhambatnya jalur pengangkutan lewat sungai dan menyebabkan kelaparan-kelaparan di daerah terpencil.
5.  Kekeringan juga akan mengurangi volume air waduk pada saat musim kemarau yang mengakibatkan terhentinya Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA).
6.   Musnahnya bahan baku industry perkayuan mebet/furniture. Lebih jauh lagi hal ini dapat mengakibatkan perusahaan perkayuan terpaksa ditutup karena kurangnya bahan baku dan puluhan pekerja menjadi pengangguran.
7.   Meningkatkan jumlah Penderita Penyakit Saluran Pernapasan (ISPA) dan kanker paru-paru. Hal ini bisa menyebabkan kematian bagi penderita berusia lanjut dan anak-anak. Polusi ini yang bisa menambah parah pada penderita penyakit TBC/asma.
8. Mengurangi produksi oksigen yang merupakan gas yang penting bagi makhluk hidup dikarenakan berkurangnya jumlah hutan yang menjadi paru-paru dunia.[2]

Selanjutnya, berikut adalah sebab akibat dari tanah longsor. Penyebab dari tanah longsor, yaitu:
1.    Erosi yang disebabkan aliran air permukaan /air hujan, sungai-sungai atau gelombang laut yang menggerus kaki lereng-lereng bertanbah curam.
2.    Lereng dari bebatuan dan tanah diperlemah melalui saturasi yang diakibatkan hujan lebat.
3.    Gempa bumi menyebabkan getaran, tekanan pada partikel-partikel mineral dan bidang lemah pada massa batuan dan tanah yang mengakibatkan longsornya lereng-lereng tersebut.
4.    Gunung berapi menciptakan simpanan debu yang lengang, hujan lebat dan aliran-aliran debu-debu.
5.    Getaran dari mesin, lalu lintas, penggunaan bahan-bahan peledak dan bahkan petir.
6.    Berat bidang lereng yang terlalu berlebihan, misalnya dari berkumpulnya hujan atau salju.

Akibat/dampak dari tanah longsor yaitu:
1.    Berubahnya struktur geografis tanah.
2. Kerusakan material pada penduduk/masyarakat yang mendiami daerah lereng-lereng yang memiliki potensial longsor.
3.    Rusaknya beberapa jenis spesies tumbuhan yang terkena dampak longsor.
4. Korban jiwa dari penduduk masyarakar yang mendiami daerah lereng-lereng yang memiliki potensial longsor.[3] 

C.      Metodologi Penyelesaian Masalah Bencana Alam Kebakaran Hutan dan Tanah Longsor
Dari uraian-uraian sebelumnya kita telah mengetahui sedikit banyak tentang bencana kebakaran hutan dan tanah longsor serta hubungan antara kedua bencana tersebut. Kita harus menyadari bahwa bencana-bencana tersebut tidak akan menemui  penyelesaian jika bukan kita sendiri yang memulai untuk mencari solusi-solusi penyelesaian masalah ini.
Ada banyak metodologi yang dapat kita terapkan sebagai solusi pemecahan masalah bencana alam terutama kedua bencana yang kita bahas disini yaitu bencana kebakaran hutan dan tanah longsor. Semua metodologi dapat muncul dari diri kita sendir jika kita mau sedikit membuka pikiran dan hati untuk menyadari pentingnya masalah ini. Jika  kita mampu melakukan hal-hal tersebut, tentu akan ada banyak alternatif-alternatif cara penanggulangan bencana yang dapat diterapkan dan tentunya akan semakin kecil kerugian mahkluk yang disebabkan oleh bencana-bencana tersebut.
Disini penulis akan memaparkan sedikit ide tentang pemecahan masalah bencana kebakaran hutan dan tanah longsor. Seperti yang telah dijelaskan dalam pembahasan sebab akibat dari kedua bencana tersebut, ternyata kedua bencana tersebut yaitu kebakaran hutan ternyata memiliki beberpa hubungan dengan bencana tanah longsor. Adapun hubungan tersebut antara lain yaitu:
1.  Tanah longsor disebabkan oleh aliran air permukaan/air hujan. Jika hutan menmgalami kebakaran dan banyak spesies pohon yang mati, maka tidak ada yang menampung air hujan yang merupakan fungsi dari pohon-pohon tersebut. Dengan demikian air hujan akan dialirkan langsung menuju lereng-lereng. Hal tersebut tentu dapat menyebabkan longsor pada lereng-lereng terlebih lagi lereng-lereng yang memiliki struktur tanah yang lemah.

2.  Matinya pohon-pohon juga dapat menyebabkan tanah ;longsor secara langsung. Akar-akar pohon yang berfungsi menyangga dan memperkuat struktur tanah, dengan hilangnya pohon-pohon tersebut, maka tidak lagi yang menyangga dan memperkuat struktur tanah tersebut terutama di daerah lereng-lereng. Dengan demikian struktur tanah menjadi lemah dan mudah longsor.

Dari pernyatan-pernyataan di atas, kita ditunut untuk dapat menyelesaikan permasalahan-permasalahan tersebut serta memberikan manfaat/memberdayakan bencana tersebut menjadi sebuah lahan penghidupan. Berikut adalah beberpa ide dari penulis untuk menyelesaikan permasalahan bencana kebakaran hutan dan tanah longsor beserta solusinya.
1. Kebakaran hutan yang disebabkan oleh alam tentu saja tidak dapat kita hindari karena hal tersebut merupakan gejala-gejala alami dari alam itu sendiri. Namun demikian kita masih dapat sidikit mengantisipasinya.
Kebakaran hutan alami ini biasanya terjadi disaat musim kemarau panjang terutama dipicu dari wilayah padang sabana. Disaat musim kemarau panjang, tumbuhan yang lebih cepat kekeringan adalah tanaman jenis rumput-rumputan yang tumbuh di padang sabana yang terletak di tepi-tepi hutan. Dengan banyaknya rumput-rumputan yang kering saat pada musin kemarau panjang, pemicu sedikit saja dapat menyebabkan terjadinya kebakaran di padang sabana dan kemudian kebakaran dapat menjalar ke hutan-hutan disekitarnya. Pemicu kebakaran ini salah satunya yaitu oleh pemfokusan cahaya matahari pada benda-benda di sekitar alam tersebut.
Dari peristiwa tersebut kita dapat membuat sebuah solusi yang dapat mengurangi intensitas kebakaran hutan. Kita dapat memanfaatkan rumput-rumputan kering yang ada disekitar wilayah tersebut. Ada dua alternative disini. Pertama, kita dapat mengamabil rumput-rumputan tersebut untuk digunakan sebagai makanan ternak masyarakat sekitar wilayah tersebut. Kedua, kita dapat memanfaatkan rumput-rumputan tersebut untuk dibuat menjadi pupuk kompos. Dengan mencampur bahan-bahan kimia dengan rumput-rumputan tersebut kita dapat menghasilkan pupuk kompos yang dapat digunakan untuk memupuk tanaman sendiri atau bisa juga untuk mendapatkan keuntungan dengan cara menjualnya.

2. Tentang pembakaran hutan yang disengaja oleh masyarakat sekitar wilayah bencana, sebaiknya masyarakat sekitar tidak melakukan hal tersebut atau jika masyarakat wilayah hutan tetap melakukan hal tersebut, maka akan terjadi hal-hal yang tentunya tidak diinginkan oleh semua manusia.
Di sini kita dapat meneapkan beberapa cara untuk tidak membakar hutan dengan mengalihkannya pada kegiatan lain. Masyarakat sekitar hutan memanfaatkan hasil pembakaran hutan sebagai lahan pertanian baru. Namun hal tersebut justru akan menghasilkan bencana baru yang lebih besar.
Solusi dari massalah ini, pertama masyarakat tidak perlu membakar hutan sebagai lahan pertanian. Masyarakat sekitar dapat mengalihkan keguatan-kegiatan pertanian di lereng-lereng yang berada di tepi-tepi hutan. Seperti yang telah kita ketahui, yaitu pertanian di wilayah lereng-lereng dengan memanfaatkan system terasering atau sejenisnya. Masyarakat sekitar dapat melakukan cara yang sama dalam kegiatan pertanian. Jika kegiatan terasering lebih mengutamakan penanaman padi, masyarakat sekitar dapat menanam varietas tanaman lain selain padi.
Tidak sampai di sini saja, untuk mendapatkan hasil produksi tanaman yang lebih maksimal, masyarakat sekitar dapat menggunakan pupuk kompos yang sebelumnya telah dibuat dari bahan rumput-rumputan tadi. Dengan denikian, kita dapat menciptakan hubungan baik yang dapat saling member manfaat dari peristiwa bencana-bencana tersebut.

3.    Masalah selanjutnya adalah tentang aliran air permukaan yang disebabkan oleh air hujan. Pohon-pohon di hutan yang terus berkurang akibat pembakaran hutan menjadikan air hujan yang turun tidak ada yang menghadang. Akar-akar pohon yang berfungsi menampung air hujan tidak lagi mampu melakukannya akibat berkurangnya jumlah pohon. akibatnya air hujan yang mengalir secara berlebihan dari hutan menuju lereng-lereng dapat menyebabkan tanah longsor. Di sini kita dapat membuat sebuah solusi sederhana yang dapat digunakan untuk menanggulangi masalah aliran air permukaan. Kita dapat membuat parit-parit yang digunakan sebagai jalur-jalur air sehingga air dapat dialirkan secara terarah. Dengan demikian potensi longsor oleh air permukaan dapat dikurangi intensitasnya. Selain itu kita dapat meneruskan jalur-jalur air  tersebut menuju lahan-lahan terasering sehingga dapat kita manfaatkan untuk mengairi lahan-lahan terasering tersebut.

Sumber:
[1]  Indriyanto, Ekologi Hutan, Jakarta: Penerbit PT Bumi Aksara, 2006, hlm. 5
Soeriaatmadja, R. E., 1997, Ilmu Lingkungan, Bandung: Penerbit ITB.

SOLUSI MENGATASI MONEY POLITIC

Kita sebagai masyarakat harus ikut berpartisipasi untuk mengkaji keputusan Mahkamah Konstitusi dalam menyelesaikan kasus-kasus pemillu agar tidak menyimpang dari peraturan hukum yang berlaku. Calon-calon pada pemilu juga harus komitmen untuk benar-benar tidak melakukan praktek money politik dan apabila terbukti melakukan maka seharusnya didiskualifikasi saja. Bentuk Undang-Undang yang kuat untuk mengantisipasi terjadinya money politic dengan penanganan serius untuk memperbaiki bangsa ini, misalnya membentuk badan khusus independen untuk mengawasai calon-calon pemilu agar menaati peraturan terutama untuk tidak melakukan money politic. Sebaiknya secara transparan dikemukan kepada publik sumber pendanaan kampaye oleh pihak-pihak yang mendanai tersebut. Transparan pula mengungkapkan tujuan mengapa mendanai suatu partai atau perorangan, lalu sebaiknya dibatasi oleh hukum mengenai biaya kampanye agar tidak berlebihan mengeluarkan biaya sehingga terhindar dari tindak pencarian pendanaan yang melanggar Undang-Undang. Misalnya, anggota legislative yang terpilih tersebut membuat peraturan Undang-Undang yang memihak pada pihak-pihak tertentu khususnya pihak yang mendanai partai atau perorangan dalam kampanye tersebut.

Meningkatkan kesadaran masyarakat merupakan indikator penting untuk memudarkan berkembangnya praktek money politic  karena sebagian besar masyarakat hanya memikirkan keuntungan sendiri tanpa menyadari efek yang timbul di masa depan. Praktek money politic dapat menghancurkan masa depan negara ini karena praktek money politic ini akan cukup menguras keuangan suatu partai atau perorangan yang mencalonkan diri pada pemilu sehingga setelah terpilih di pemilu akan memicu niat untuk tindak  korupsi. Para pelaku praktek money politic ini memanfaatkan situasi perekonomian rakyat yang semakin sulit sehingga masyarakat jangan mudah tergiur dengan keuntungan yang diterima sementara ini. Calon pemimpin yang melakuan money politic tentu tidak berlaku jujur sehingga sebagai masyarakat yang cerdas jangan mau di pimpin oleh seseorang yang budi pekertinya tidak baik. Sadarilah apabila kita salam memilih pemimpin akan berakibat fatal karena dapat menyengsarakan rakyatnya. Sebaiknya pemerintah mengadakan sosialisasi pemilu yang bersih dan bebas money politc kepada masyarakat luas agar tingkat partisipasi masyarakat dalam demokrasi secara langsung meningkat. Perlu keseriusan dalam penyuluhanpendidikan politik kepada masyarakat dengan penanaman nilai yang aman, damai, jujur dan kondusif dalam memilih. Hal tersebut dapat membantu menyadarkan masyarakat untuk memilih berdasarkan hati nurani tanpa tergiur dengan praktek money politic yang dapat menghancurkan demokrasi. Pemerintah juga harus lebih giat memberikan sosialisasi kepada kandidat yang akan di pilih oleh rakyat untuk mengutamakan moralitas politik sehingga dapat berlaku jujur dengan tidak melakukan praktek money politic.

Sumber:

AUGMENTED REALITY

Augmented Reality (AR) adalah penggabungan antara objek virtual dengan objek nyata. Sebagai contoh, adalah saat stasiun televisi,menyiarkan pertandingan sepak bola, terdapat objek virtual, tentang skor pertandingan yang sedang berlangsung.Menurut Ronald Azuma pada tahun 1997, Augmented Reality adalah menggabungkan dunia nyata dan virtual, bersifat interaktif secara real time, dan merupakan animasi 3D. 

Sejarah tentang Augmented Reality dimulai dari tahun 1957-1962, ketika seorang penemu yang bernama Morton Heilig, seorang sinematografer, menciptakan dan memapatenkan sebuah simulator yang disebut Sensorama dengan visual, getaran dan bau. Pada tahun 1966, Ivan Sutherland menemukan head-mounted display yang dia claim adalah, jendela ke dunia virtual. Tahun 1975 seorang ilmuwan bernama Myron Krueger menemukan Videoplace yang memungkinkan pengguna, dapat berinteraksi dengan objek virtual untuk pertama kalinya. 

Tahun 1989, Jaron Lanier, memeperkenalkan Virtual Reality dan menciptakan bisnis komersial pertama kali di dunia maya, Tahun 1992 mengembangkan Augmented Reality untuk melakukan perbaikan pada pesawat boeing, dan pada tahun yang sama, LB Rosenberg mengembangkan salah satu fungsi sistem AR, yang disebut Virtual Fixtures, yang digunakan di Angkatan Udara AS Armstrong Labs, dan menunjukan manfaatnya pada manusia, dan pada tahun 1992 juga, Steven Feiner, Blair Maclntyre dan dorée Seligmann, memperkenalkan untuk pertama kalinya Major Paper untuk perkembangan PrototypeAR. Pada tahun 1999, Hirokazu Kato, mengembangkan ArToolkit di HITLab dan didemonstrasikan di SIGGRAPH, pada tahun 2000, Bruce.H.Thomas, mengembangkan ARQuake, sebuah Mobile Game AR yang ditunjukan di International Symposium on Wearable Computers. 

Pada tahun 2008, Wikitude AR Travel Guide, memperkenalkan Android G1 Telephone yang berteknologi AR, tahun 2009, Saqoosha memperkenalkan FLARToolkit yang merupakan perkembangan dari ArToolkit. FLARToolkit memungkinkan kita memasang teknologi AR di sebuah website, karena output yang dihasilkan FLARToolkit berbentuk Flash. Ditahun yang sama, Wikitude Drive meluncurkan sistem navigasi berteknologi AR di Platform Android. Tahun 2010, Acrossair menggunakan teknologi AR pada I-Phone 3GS.

Sumber: 

PENANGGULANGAN PERGAULAN BEBAS

Pada saat ini sangat marak terjadi pergaulan bebas di kalangan remaja. Banyak sekali para remaja atau anak-anak muda yang terjerumus dalam pergaulan tidak sehat ini. Mereka tidak menyadari bahwa hal itu menyebabkan masa depan mereka terancam. Sekarang, sangat marak sekali diberitakan di televisi, radio ataupun media cetak yang mengabarkan tentang remaja nakan yang berpesta sabu-sabu/narkoba. Kasus pengeroyokan dan tawuran di kalangan anak SMA. Bahkan yang lebih marak lagi adalah kasus free seks (Seks Bebas) yang banyak dilakukan oleh remaja berumur 13 hingga 17 tahun ke atas. Banyak sekali terjadi pelecehan seksual. Bahkan sekarang ini marak sekali diberitakan di infotaiment tentang kasus artis muda yang sudah menggunakan narkoba. Seharusnya kita perlu mempunyai kesadaran diri bahwa peranan kita ini adalah sebagai generasi penerus bangsa Indonesia. Wajib untuk mengaharumkan nama bangsa Indonesia.

Juga kita harus menjadi kebanggaan negeri, orang tua, keluarga dan diri sendiri juga tidak lupa kepada tuhan. Dalam maraknya kenakalan remaja, peranan orang tua/keluarga sangat penting untuk mengawasi tingkah lakunya putra-putri mereka. Untuk mencegah supaya anak-anak remaja/anak-anak muda agar tidak terjerumus dalam pergaulan tidak baik. Perlu sekali para orang tua mengawasi anaknya. Orang tua harus lebih memperhatikan anaknya. Kita juga harus pintar memilih teman atau bergaul dengan teman yang baik dan tidak macam-macam. Dan yang paling penting kita mendekatkan diri pada tuhan. Mohon bimbingan dan petunjuknya agar kita selalu berada di jalan. Kita juga bisa mengeksplor ketrampilan kita dan juga mengisi waktu lkuang dengan hal-hal yang positif. Contohnya, yaitu pergi beribadah tempat ibadah, belajar kelompok dengan teman-teman, dll. Berikut ini beberapa uraian peranan remaja di berbagai kalangan untuk menanggulangi kenakalan remaja, pergaulan tidak sehat/bebas, dan lain-lain.

1.    Peranan remaja dibidang kerohanian
Kita sebagai remaja untuk menghindari dalam segi pergaulan yang baik harus mendekatkan diri pada Tuhan. Karena kita sangat membutuhkan bimbingan Tuhan. Baiknya kita harus lebih rajin beribadah dan berdoa pada Tuhan. Dan mengisi dengan kegiatan / hal-hal yang positif. Contohnya mengikuti kegiatan tartil disekolah. Pergi ke masjid. Dan bagi umat christyani, rajin pergi ke gereja. Kita juga perlu memperdalam pelajaran ke rohanian agar kita dapat mengamalkan perbuatan yang baik dalam kehidupan sehari-hari. Agar iman kita lebih bertumbuh dan dikuatkan lagi. Dengan hal ini sedikit besar pasti akan bisa untuk menanggulangi pergaulan bebas atau kenakalan di kalangan remaja.

2.    Peranan Remaja Dibidang Lingkungan
     A. Lingkungan Keluarga
    Dalam hal ini sangat penting sekali peranan keluarga untuk mengawasi tingkah laku anaknya. Agar tidak terjerumus dalam pergaulan bebas. Menjaga hubungan dalam keluarga haruslah harmonis. Antara anak dan orang tua harus saling menghormati dan menghargai satu sama lain. Terciptanya rasa saling mengasihi antara anggota keluarga. Saling berbagai cerita dan pengalaman. Diperlukan sikap yang jujur dan terbuka dalam segala hal apapun yang terjadi.

     B. Lingkungan Pergaulan
   Sebagai remaja didalam segi pergaulan sangatlah penting. Terutama untuk menambah wawasan dan pengetahuan. Dalam bergaul itu kita tentu mengenal pengetahuan yang baik dan yang buruk. Nah, dalam hal ini kita di tuntut untuk bisa membedakan mana yang baik dan mana yang tidak benar. Tentunya kita harus menggunakan pikiran dan hati nurani yang bersih. Kita sangat membutuhkan tuntunan dan bimbingan Tuhan serta koordinasi orang tua. Sangatlah penting dalam hidup kita untuk menaggulangi pergaulan bebas di masa puber ini.

KORUPSI DI INDONESIA

Korupsi adalah tindakan tidak wajar atau tidak legal yang dilakukan oleh seseorang yang memiliki kekuasaan atau memegang jabatan tertentu(seperti politisi, pejabat atau pegawai pemerintah) serta pihak lain yang menimbulkan penyalahgunaan wewenang untuk kepentingan pribadi dan atau golongan.

Unsur-unsur perbuatan yang bisa dikatakan sebagai korupsi:
       tindakan melawan hukum
 penyalahgunaan kesempatan, sarana, atau wewenang
       memperkaya diri atau orang lain/korporasi
       merugikan perekonomian atau keuangan negara

Di Indonesia korupsi berkembang secara sistemik.Korupsi telah terjadi sejak zaman hindia-belanda. Sampai saat ini Indonesia berada pada peringkat bawah negara yang bersih dari korupsi. Kondisi korupsi di Indonesia sudah berada pada tingkatan yang membahayakan karena semakin hari semakin banyak pejabat, politikus, dan juga kepala daerah yang tersangkut kasus korupsi. Lemahnya sistem pemerintahan merupakan salah satu penyebab oknum-oknum menemukan cara untuk menguntungkan diri sendiri dengan cara ilegal.

Ada beberapa faktor penyebab menurut M.Dawan Raharjo:
1.    Pemerintah memberikan celah untuk dapat dimanfaatkan melakukan korupsi.
2.    Lingkungan budaya yang memengaruhi psikologis seseorang.
3.    Pengaturan ekonomi yang mungkin memberikan tekanan-tekanan tertentu.

Faktor-faktor pemicu korupsi tidak hanya berasal dari internal tetapi juga lingkungan yang mendukung karena korupsi merupakan perbuatan yang sifatnya kompleks. Penyebab Korupsi menurut Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan(BPKP).
BPKP melakukan analisis tentang penyebab korupsi antara lain:
1.    Aspek Individu Koruptor
       Sifat rakus manusia
       Moral yang lemah
       Penghasilan yang kurang
       Kebutuhan hidup yang mendesak
       Gaya hidup hura-hura atau konsumtif
       Malas untuk berusaha keras
       Kurang beriman

2.    Aspek Organsisasi
       Kurangnya sikap kepemimpinan atau leadership dari pemimpin
       Tidak adanya kultur organisasi yang benar
       Sistem akuntabilitas yang benar di pemerintah yang tidak memadai
       Kelemahan sistem pengendalian manajer
       Manajemen cenderung menutupi korupsi di organisasi

3.    Aspek tempat Individu dan Organisasi
       Nilai di masyarakat mendukung untuk korupsi
       Masyarakat kurang menyadari sebagai korban korupsi
       Masyarakat kurang menyadari telah terlibat korupsi
       Masyarakat kurang menyadari bahwa korupsi bisa dicegah dan dihentikan
       Aspek peraturan-perundang-undangan

Contoh Kasus Korupsi di Indonesia
Contoh Korupsi dilihat dari jenis pidana, yaitu:
       gratifikasi*
       Penyuapan
       Pemerasan dalam jabatan
       Penggelapan dalam jabatan
       Ikut serta dalam pengadaan

Kasus Nyata
       Suap Impor Daging
       BLBI
       Apel Malang Hambalang
       Oknum Petugas Pajak
       Simulator SIM

Berkaitan dengan dampak yang diakibatkan dari tindak pidana korupsi, setidaknya terdapat dua konsekuensi. Konsekuensi negatif dari korupsi sistemik terhadap proses demokratisasi dan pembangunan yang berkelanjutan adalah:
1.   Korupsi mendelegetimasikan proses demokrasi dengan mengurangi kepercayaan publik terhadap proses politik melalui politik uang;
2. Korupsi mendistorsi pengambilan keputusan pada kebijakan publik, membuat tiadanya akuntabilitas publik, dan menafikan the rule of law. Hukum dan birokrasi hanya melayani kepada kekuasaan dan pemilik modal;
3.  Korupsi meniadakan sistem promosi dan hukuman yang berdasarkan kinerja karena hubungan patron-client dan nepotisme;
4.  Korupsi mengakibatkan proyek-proyek pembangunan dan fasilitas umum bermutu rendah dan tidak sesuai dengan kebutuhan masyarakat sehingga menganggu pembangunan yang berkelanjutan;
5.  Korupsi mengakibatkan sistem ekonomi karena produk yang tidak kompetitif dan penumpukan beban hutang luar negeri.

Korupsi yang sistematik dapat menyebabkan:
1.    Biaya ekonomi tinggi oleh penyimpangan intensif;
2.    Biaya politik oleh penjarahan atau pengangsiran terhadap suatu lembaga publik, dan;
3.    Biaya sosial oleh pembagian kesejahteraan dan pembagian kekuasaan yang tidak semestinya.

       Upaya pencegahan (preventif).
       Upaya penindakan (kuratif).
       Upaya edukasi masyarakat/mahasiswa.
       Upaya edukasi LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat).

Sumber:
http://sistempemerintahan-indonesia.blogspot.com/2013/06/korupsi-di-indonesia.html