KANG MAS DYAN'S BLOG: KELEBIHAN DAN KEKURANGAN JARINGAN TEKNOLOGI 4G LTE

Blogroll

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN JARINGAN TEKNOLOGI 4G LTE

Apa itu LTE?
Berdasarkan sejarahnya LTE dikembangkan oleh 3GPP (Third Generation Partnership Project atau 3G berbasis GSM). Disisi lain 3GPP2 mengembangkan 3G berbasis CDMA. LTE akan menjadi evolusi dari jaringan GSM dan juga bagian dari roadmap standar 3GPP2, bukan evolusi dari CDMA. Sesuai dengan sifatnya sebagai 4G, LTE akan menjadi all IP-based network. LTE (Long Term Evolution) atau biasa juga disebut SAE (System Architecture Evolution) disebut-sebut sebagai generasi keempat (4G) yang akan menggeser kemampuan 3G. Dalam akses data, LTE jauh melebihi generasi-generasi sebelumnya, bahkan standar spesifikasi kecepatan datanya sampai 100 Mbps pada arah downlink. Diperkirakan siap digelar sekitar 2010-an, LTE akan mampu membawa aplikasi-aplikasi yang menarik seperti TV interaktif dan game tingkat advance. Karena LTE mendukung kemampuan handover dan roaming ke jaringan bergerak eksisting maka cakupan yang melayani perangkat pelanggan menjadi ubiquitous. Banyak keunggulan yang ditawarkan oleh teknologi LTE ini, diantaranya penggunaan spektrum yang fleksibel, peningkatan kapasitas, latensi yang rendah, biaya operasional yang lebih rendah, dan memiliki performansi yang tinggi.

Kelebihan Teknologi 4G LTE:
      Teknologi LTE menawarkan kecepatan downlink hingga 300 Mbps dan Uplink 75 Mbps.
   LTE menggunakan Orthogonal Frequency Division Mutiplexing (OFDM) yang mentransmisikan data melaului banyak operator spektrum radio yang masing-masing sebesar 180 kHz.
      Mendukung gelombang frekuensi yang saat ini digunakan oleh sistem IMT dan ITU-R.
    Untuk di perkotaan, frekuensi band yang lebih tinggi dan digunakan untuk mendukung kecepatan tinggi mobile broadband.
      Mendukung MBSFN (Multicast Broadcast Single Frequency Network).
      Peningkatan dukungan mobilitas tinggi.

Kekurangan Teknologi 4G LTE:
      Biaya untuk infrastruktur jaringan baru realtif mahal.
      Jaringan harus diperbaharui maka peralatan baru harus diinstal.
      LTE menggunakan MIMO (Multiple Input Multiple Output), tentunya memerlukan antena tambahan pada pancaran pangakalan jaringan untuk transmisi data.
   Sebagai akibatnya jika terjadi pembaharuan jaringan maka pengguna perlu membeli mobile device baru agar dapat menikmati jaringan yang mendukung teknologi LTE


No comments:

Post a Comment

Don't forget to give your's comennt :)
Thanks for a lot

Copyright © KANG MAS DYAN'S BLOG Urang-kurai