KANG MAS DYAN'S BLOG: OKEZONE

Blogroll

OKEZONE

PORTAL WEB OKEZONE


Okezone.com adalah situs web berita dan hiburan berbahasa Indonesia yang didirikan pada 29 Desember 2006. Situs ini dimiliki oleh PT. Media Nusantara Citra (MNC) yang juga mengelola beberapa bisnis media lain seperti RCTI, Koran SINDO, serta SINDO Radio. Pada Oktober 2008 situs ini menempati peringkat ke-28 situs web terpopuler di Indonesia menurut Alexa.com. Peringkat ini terus naik yang disebabkan semakin banyak pengunjung situs yang mengakses Okezone.com setiap harinya. Selain daripada itu, jumlah pengguna internet yang mencapai 25 juta (Sumber: data APJII per 2005) diperkirakan untuk terus tumbuh dengan signifikan dalam beberapa tahun ke depan.
Okezone memberitakan hal-hal umum seperti: politik, peristiwa, Internasional, ekonomi, lifestyle, selebriti, sports, bola, auto, teknologi dan lainnya. Okezone memiliki prosedur pelaporan paling lambat 20 menit s/d 1 jam dari lokasi kejadian.
SEJARAH
Okezone.com resmi dibuka untuk umum pada 29 Desember 2006 dan merupakan bisnis online pertama milik PT. Media Nusantara Citra Tbk (MNC), salah satu perusahaan media terintegrasi yang di Indonesia. Selain okezone, MNC juga memiliki dan mengelola bisnis media TV (RCTI, MNC TV, Global TV, SINDOtv), media cetak (Harian Seputar Indonesia, Tabloid Genie, Tabloid Mom & Kiddie, majalah HighEnd dan Trust), media radio (SINDO Radio, Global Radio, Radio Dangdut Indonesi, V Radio), serta sejumlah bisnis media lainnya (mobile VAS, manajemen artis, rumah produksi film, agen iklan, dll).
Website okezone.com adalah salah satu jenis situs portal yang memuat berbagai informasi menarik dan teraktual dari berbagai sumber. Di situs ini kita dapat mengakses beragam informasi mulai dari dunia kuliner yang terangkum dalam okefood, jual beli kendaraan bermotor yang termuat dalam okeklasika, serta informasi-informasi terkategori lainnya seperti berita olahraga, gaya hidup (life style), selebriti (celebrity), perkembangan teknologi, karir dll. Tampilan dari situs ini tergolong atraktif dan dan sistematis, pada beranda atau halaman depan tampak uraian singkat dari informasi-informasi kategoris yang sedang menjadi trend topik atau termutakhir.
Seperti halnya website atau situs komersial lainnya, pada situs ini tersedia pula kolom bagi para pengiklan yang berminat untuk mengiklankan produk mereka dalam format ukuran bingkai serta tempo waktu kontrak yang berbeda-beda tergantung paket yang dipilih oleh pengiklan. Dengan kemampuan penyajian informasi atau berita yang selalu baru atau mutakhir serta penampilan wujud dari situs itu sendiri yang atraktif maka begitu banyak pula jumlah pengunjung (visitor) yang menjadi customer setia dari situs portal ini. Dalam arti semakin banyak jumlah pengunjung yang menikmati layanan akses informasi pada situs ini, maka semakin tinggi pula nilai komersil dari situs berbasis portal ini.
Situs okezone.com ini merupakan sub unit perusahaan dari PT Media Nusantara Citra Terbuka (MNC) Tbk. Sehingga banyak fitur informasi lainnya yang saling berhubungan langsung dengan anak perusahaan MNC Tbk lain seperti stasiun televisi RCTI lewat program dahsyat. Situs okezone dotcom ini merangkum informasi seputar topik acara dahsyat, serta berbagai even lainnya yang berkaitan dengan acara yang disajikan dalam RCTI.
Dengan berbagai fitur, informasi mutakhir yang menarik minat pembaca dari berbagai kalangan, mulai dari pecinta olahraga, penggemar kulinar, pebisnis, bahkan pembaca yang ingin mencari peluang atau lowongan kerja, maka menjadikan situs okezone dotcom ini sebagai salah satu situs yang mampu menjadi rujukan atau tempat bagi para pembaca untuk selalu terjaring dalam tatanan informasi global yang berkembang secara cepat dan selalu dibumbui dengan hal-hal baru yang bermanfaat.
PERFORMANCE
Sebelum masuk lebih dalam, yang pertama kita lihat dan bahas adalah tampilan dan performa situs-situs ini.
                                             TAMPILAN OKEZONE.COM
Semua situs memiliki desain dan karakter tersendiri, dengan layout yang berbeda-beda pula. Namun dari pengamatan kami saat diakses, situs okezone-lah yang paling ringan. Alhasil dalam sekali klik akan muncul dalam beberapa detik saja (tergantung kecepatan jaringan internet). Sedangkan yang paling lambat, justru kami rasakan pada kompas.com, di mana iklan yang berbau flash (swf) sangat banyak dan memicu lambatnya proses rendering.
Situs detik.com masih terlihat relatif “kuno” baik dari segi tampilan, lay-out, maupun font-nya. Entah disengaja untuk mengakomodir permintaan orang yang “mapan”, atau memang TeNexGen yang belum terbiasa dengan tampilan seperti itu.
Di sisi lain, kompas.com hadir lumayan padat dengan rubrik-rubrik unggulannya. Setiap rubrik dipisahkan dengan hadirnya box sebagai pemisah. Alhasil, situs kompas.com tampil padat, meski dengan konsekuensi loading yang lama dan berat.
Dan dalam hal ini, okezone.com tampil paling dinamis dan simple. Setiap kategori, dipisahkan ke dalam tab-tab link khusus sehingga dalam sekali loading tidak membuat lama. Meski hadir iklan yang lumayan, namun semuanya tertata rapi di sebelah kanan.
CONTENT
Jikalau soal konten dan berita yang diisi, rata-rata sih relatif sama. Cuma perbedaannya mungkin hanya terletak di bahasa dan kedalaman analisa. Dan kalau berbicara soal ini, pasti lebih subjektif. Jadi, di TeNexGen kami tidak akan membahasnya secara detil.
Kalau membicarakan rubrik, Kompas mungkin jagonya. Pasalnya tersedia banyak sekali, ada:  otomotif, tekno, infotainment, BlackBerry Corner, Kesehatan, dan lainnya.
Sedangkan okezone.com menampilkan zone (zona) tersendiri juga, ada: economy, lifestyle, celebrity, autos, techno, kampus, sports, bola, international, dan lainnya. Bahkan ada rubrik classified untuk memasang iklan otomotif.
Sedangkan di detik.com, seperti yang disinggung sebelumnya, tampil lumayan sederhana antara lain: etalase, seremonia, detikNews, detikFinance, detikOto, detikFood, detikSport, dan berbagai lainnya.
KESIMPULAN
Masing-masing punya ciri khas sendiri untuk meraih pelanggan dan pembaca internet sebesar-besarnya, dan masing-masing mempunyai keunggulan masing-masing.
Okezone tampil dengan cirinya yang simple sehingga cepat dan mudah diakses, beritanya juga up-to-date 24 jam. Sedangkan detik.com tampil dengan desainnya yang sederhana, namun lumayan lengkap dan detil yang disertai detikTV. Di sisi lain, Kompas hadir dengan e-paper dan segudang rubrik, namun sangat berat saat TeNexGen mencoba mengaksesnya.

No comments:

Post a Comment

Don't forget to give your's comennt :)
Thanks for a lot

Copyright © KANG MAS DYAN'S BLOG Urang-kurai