KANG MAS DYAN'S BLOG: SOFTSKILL YANG PALING MENONJOL DALAM PERKULIAHAN SELAMA 8 SEMESTER

Blogroll

SOFTSKILL YANG PALING MENONJOL DALAM PERKULIAHAN SELAMA 8 SEMESTER



Pada tugas softskill yang terakhir ini maka saya akan menjabarkan softskill apa yang paling menonjol pada penulis dalam perkuliahan selama 8 semester ini.

Semenjak saya memulai perkuliahan di jurusan Sistem Informasi pada semester pertama, saya masih belum begitu mengerti mengenai bahasa pemrograman yang diberikan oleh setiap dosen hingga berakhirnya perkuliahan di semester pertama selesai. Setelah memasuki di semester kedua saya mulai mengenal database pada mata kuliah KSI. Disitulah saya merasa ingin sekali mendalaminya lebih jauh lagi mengenai database. Karena, pada saat saya masih duduk di bangku SMA saya telah mendapatkan pelajaran mengenai database tersebut lebih tepatnya MySql di pelajaran TIK. Dan akhirnya pada perkuliahan di semester kedua tersebut saya mendalami mengenai database MySql. Hingga berlanjut sampai semester keempat dan pada akhirnya saya pun mendaftar workshop di kampus mengenai database Oracle, karena kebetulan di kampus saya itu ada syarat untuk sidang untuk mahasiswa pada semester akhir itu harus sudah mengikuti lulus workshop dan kursus salah satunya. Pada saat workshop tersebut saya mendapatkan pelatihan secara umumnya selama 2 hari saja. Dan saya pun akhirnya memutuskan untuk melanjutkan kembali kursusnya pada semester kelima dengan tema yang sama pada saat saya workshop sebelumnya. Disaat kursus saya mendapatkan pelatihan yang cukup mendetail selama 5 hari mengenai pendalaman dari database Oracle.

Akhirnya saya pun telah mengetahui bagaimana menyusun struktur mengenai database yang akan dibuat entah itu dengan menggunakan MySql nya atau Oracle nya. Karena, keduanya mempunyai fungsi yang sama saja, hanya saja terdapat beberapa perbedaan pada syntax – syntax nya. Setelah saya menguasai mengenai database, saya pun akhirnya mencoba hal lainnya lagi yaitu dengan mengikuti seminar mengenai HTML5 dan PHP, karena rata – rata seluruh website yang ada pastinya menggunakan bahasa pemrograman HTML5 dan PHP. Saat itulah saya mencoba untuk mendalami juga bahasa pemrograman tersebut. Ketika saya memasuki semester keenam pada pembuatan PI saya pun akhirnya saya membuat website mengenai system informasi perpustakaan di SMA, kebetulan website yang saya buat itu adalah SMA saya sendiri dan diperuntukkan untuk bagian system di perpustakaannya. Dengan kemampuan database saya yang telah ada serta bahasa pemrograman HTML dan PHP saya pun akhirnya mengimplementasikannya dengan membuat website tersebut untuk menyelesaikan studi PI saya sendiri.

Setelah studi PI saya selesai, akhirnya saya berlanjut memasuki semester ketujuh dan semester kedelapan. Pada semester delapan ini saya pun kembali mengimplementasikan apa yang sudah saya dapat di semester sebelumnya, yaitu saya kembali lagi untuk membuat website pada suatu perusahaan dan kebetulan itu adalah program magang yang diadakan untuk mahasiswa yang ingin menyelesaikan tugas skripsinya. Kebetulan dalam pembutaan program pada perusahaan tersebut saya bekerja sama dengan tim saya dalam pembuatan program di perusahaan itu. Dan sampai saat inilah saya masih mengerjakan project dari tempat magang saya untuk bahan skripsi.

Ke depannya selepas saya sudah lulus dari perguruan tinggi, saya sangat menginginkan sekali bisa bekerja sesuai dengan keahlian softskill saya yang telah saya dapati selama jenjang perkuliahan yaitu pada bidang IT. Serta mencari pengalaman dalam dunia kerja nantinya, agar ilmu yang didapat bisa terus menerus mengalir ke dalam diri saya dan nantinya tidak akan terputus di diri saya sendiri, melainkan saya akan membagikan atau mengajarkan kepada yang lainnya juga. Dan saya pun ingin bekerja di suatu perusahaan telekomunikasi dalam bidang system analyst atau database system. Dan sallary yang saya harapkan sesuai dengan keahlian saya adalah minimal sebesar 5 juta rupiah untuk freshgraduate nantinya setelah saya bekerja di perusahaan tersebut.

Demikian penjelasan saya mengenai softskill yang saya miliki dalam perkuliahan selama 8 semester ini. Tentunya kemampuan saya tersebut harus selalu diasah kembali agar ke depannya bisa bermanfaat bagi orang - orang yang membutuhkannya. Dan tidak lupa pula saya sebagai penulis juga selalu berusaha dan berdoa dalam menjalankan sesuatu yang baik.

No comments:

Post a Comment

Don't forget to give your's comennt :)
Thanks for a lot

Copyright © KANG MAS DYAN'S BLOG Urang-kurai