KANG MAS DYAN'S BLOG: INDAHNYA OBYEK WISATA DI INDONESIA

Blogroll

INDAHNYA OBYEK WISATA DI INDONESIA

Kita tahu di berbagai wilayah Indonseia kita ini sangat banyak sekali terdapat tempat-tempat obyek wisata nan indah yang dapat kita kunjungi, contohnya: Wisata Danau Toba (Medan), Taman Impian Jaya Ancol (Jakarta), Kebun Raya Bogor (Bogor), Lawang Sewu (Semarang), Jalan Malioboro (Yogyakarta), Batu (Malang), Pantai Kuta (Bali) dan masih banyak lagi obyek-obyek wisata yang lainnya.

Di sini salah satu tempat obyek yang akan saya bicarakan adalah Obyek Wisata Tawangmangu. Kebetulan tempat obyek wisata tersebut dekat dengan kampung halaman saya.

Tawangmangu adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Kecamatan ini ternama karena merupakan daerah wisata yang sangat sejuk. Tawangmangu dikenal sebagai obyek wisata pegunungan di lereng barat Gunung Lawu yang bisa ditempuh dengan kendaraan darat selama ± 1 jam dari Kota Surakarta (Solo). Tempat ini sejak masa kolonial Belanda telah menjadi tempat berwisata. Obyek tujuan wisata utama adalah air terjun Grojogan Sewu. Di tempat ini banyak tersedia berbagai sarana pendukung wisata seperti kolam renang dan berbagai bentuk penginapan. Dari Tawangmangu sendiri dapat dimulai pendakian ke puncak Gunung Lawu. Selain itu, dari sini juga terdapat jalan tembus yang menuju ke tempat wisata Telaga Sarangan di Magetan lewat Cemorosewu.

Tawangmangu berada pada areal pegunungan yang subur dikelilingi oleh hutan dan perbukitan. Namun demikian kota kecil ini telah terkenal hingga ke Mancanegara karena kawasan ini merupakan obyek pariwisata yang cocok untuk dijadikan pilihan saat berlibur maupun bedama wisata.

Selain udaranya yang sejuk, keindahan alam di sekitarnya tidak kalah menarik dengan kawasan lain di Indonesia, terlebih lagi di daerah ini terkenal dengan produksi pertanian penghasil sayur mayur selain dari keberadaan obyek wisata Air Terjun Grojogan Sewu. Tawangmangu sendiri telah menjadi pilihan bagi orang-orang perkotaan untuk membangun villa-villa, maupun berinvestasi dengan mendirikan hotel-hotel dan penginapan. Dengan cara ini, wisatawan akan dihibur bukan hanya oleh alam yang indah dan hawa yang sejuk tetapi juga bergembira ria dengan adanya suguhan seni musik, tari dan budaya yang ada di daerah ini.

Air Terjun Grojogan Sewu - Tawangmangu

Untuk mendukung kemudahan dalam mengakses daerah ini, pemerintah telah mengusahakan perbaikan jalur transportasi dengan melakukan perawatan jalan dan embangunan jalan baru lintas provinsi dari Tawangmangu sendiri yang berada di Jawa Tengah ke arah Magetan, Jawa Timur. Dan sampai dengan saat proses pembangunan jalan masih terus berlangsung melewati perbukitan dan melintasi di tengah-tengah lahan pertanian yang asri dengan pemandangan elok di kiri dan kanan.

Nah, selain tempat wisata di atas kita juga bisa menikmati obyek wisata Telaga Sarangan. ± 5 KM menjelang lokasi wisata Telaga Sarangan dari arah Tawangmangu, tanjakan Irung Petruk (Hidung Petruk) sekaligus jalanan turunnya amat mendominasi. Bagi mobil yang mesinnya tidak prima , dijamin tidak bakal kuat melewati tanjakan-tanjakan tersebut. Sebaliknya cara mengerem yang benar pun harus kita perhatikan ketika menuruni turunan-turunan yang amat curam, kalau tidak mau rem mobil akan menjadi blong.


Begitulah jalanan menuju Telaga Sarangan dari arah Tawangmangu, yang penuh dengan tanjakan dan turunan yang tajam sserta berliu-liku. Namn jangan khawatir, kita akan disuguhi oleh pemandangan hutan yang hijau, angin pegunungan yang sejuk dan panorama yang menyejukkan hati . Sepanjang jalan menuju telaga, di kanan dan kiri jalan dipenuhi oleh orang-orang berjualan baju yang bergambar Telaga Sarangan. Banyak juga orang-orang yang berjualan souvenir dan barang-barang kerajinan lainnya dari Kabupaten Magetan. Di sana juga dilengkapi dengan fasilitas hotel atau penginapan, jasa perahu dan jasa berkuda sangat cocok sebagai tempat rekreasi keluarga. Selain itu ada juga para pedagang sate kelinci dan bakso.
Telaga Sarangan

No comments:

Post a Comment

Don't forget to give your's comennt :)
Thanks for a lot

Copyright © KANG MAS DYAN'S BLOG Urang-kurai