KANG MAS DYAN'S BLOG: MERANCANG DANA LIBURAN

Blogroll

MERANCANG DANA LIBURAN

Yuk, menabung untuk berlibur...

Berlibur itu perlu, lho! Saat liburan kita bisa bebas melakukan berbagai aktivitas seru, sekaligus melepaskan penat dari rutinitas sehari-hari. Kita bisa mengisi liburan dengan bepergian keluar kota, berkunjung ke tempat saudara atau bahkan sekedar diam di rumah sambil memanjakan hobi.

Sayangnya, biarpun niatnya ingin tetap irit, biasanya kita justru keluar uang lebih banyak. Yah, namanya juga liburan! Apalagi kalau berlibur keluar kota atau malah keluar negeri. Bisa-bisa dompet terkuras dan pasca libuaran, kita bukannya makin segar, tapi malah jadi terbebani.

Lantas, bagaimana menyiasati liburan tanpa harus merogoh dana ekstra yang bikin kita pusing kepala? Berikut beberapa tip “Smart Holiday”, untuk mewujudkan liburan impian tanpa menimbulkan ‘beban’ keuangan.

1. Buatlah rencana destinasi liburan impianmu, entah sekedar ke Bandung, Yogyakarta, atau ke Kuala Lumpur. Tetapkan kapan anda akan melakukan liburan itu, apakah 6 bulan atau 3 tahun lagi.

2. Cobalah berburu informasi tentang tujuan berlibur pilihan kita, mulai dari harga tiket hingga biaya akomodasi. Jangan lupa menyiapkan dana belanja, baik hanya sekedar untuk membeli cinderamata atau menambah koleksi tas dan sepatu.

3.  Setelah mendapatkan perhitungan yang pas, mulailah membuat estimasi anggaran. Tak ada salahnya, kan, menyisihkan sebagian uang per bulan agar bisa terpenuhi dana liburan tepat pada waktu yang telah ditetapkan.

4.  Jangan lupa untuk mencari paket liburan pada masa low season atau penawaran dari kartu kredit, seperti beli 1 gratis 1, maupun paket promosi lainnya.

5.  Jika kita masih memiliki utang yang perlu dibayar seperti utang kartu kredit atau utang agunan kredit rumah, sepertinya kurang bijaksana untuk menikmati liburan yang butuh dana besar. Baiknya lunasi dulu utang-utang kita, karena jika beban utang kita sudah terlunasi pastinya kita akan merasa tenang. Sementara itu, cukup nikmati liburan ke tempat yang dekat-dekat saja. Liburan kan, tidak harus jalan-jalan keluar kota bukan? Kita juga bisa merancang acara liburan di rumah, seperti barbeque-an atau menonton DVD bareng sambil memesan delivery pizza atau apalah. Dijamin suasana pasti tak kalah seru!

Sumber Data: www.parenting.co.id

No comments:

Post a Comment

Don't forget to give your's comennt :)
Thanks for a lot

Copyright © KANG MAS DYAN'S BLOG Urang-kurai