KANG MAS DYAN'S BLOG: KEMISKINAN DI INDONESIA

Blogroll

KEMISKINAN DI INDONESIA

            Kemiskinan adalah keadaan dimana terjadi ketidakmampuan untuk memenuhi kebutuhan dasar seperti makanan, pakaian, tempat berlindung, pendidikan dan kesehatan. Kemiskinan dapat disebabkan oleh kelangkan alat pemenuh kebutuhan dasar ataupun sulitnya akses terhadap pendidikan dan pekerjaan. Kemiskinan merupakan masalah global. Sebagian orang memahami istilah ini secara subyektif dan komparatif, sementara yang lainnya melihatnya dari segi modal dan evaluatif dan yang lainnya lagi adalah memahami dari sudut ilmiah yang telah mapan. Kemiskinan dipahami dalam berbagai cara. Pemahaman utamanya mencakup:
  Ø  Gambaran kekeluargaan materi yang biasanya mencakup kebutuhan pangan sehari-hari, sandang, papan dan pelayanan kesehatan. Kemiskinan dalam arti ini dipahami sebagai situasi kelangkaan barang-barang dan pelayanan dasar.
 Ø Gambaran tentang kebutuhan sosial, termasuk keterkucilan sosial, ketergantungan dan ketidakmampuan untuk beradaptsi dalam masyarakat. Hal ini termasuk pendidikan dan informasi. Keterkucilan sosial biasanya dibedakan dari kemiskinan, karena hal ini mencakup masalah-masalah politik dan moral dan tidak dibatasi pada bidang ekonomi.
  Ø    Gambaran tentang kurangnya penghasilan dan kekayaan yang memadai. 

JENIS-JENIS KEMISKINAN DAN DEFINISINYA

Besarnya kemiskinan dapat diukur dengan atau tanpa mengacu kepada garis kemiskinan. Konsep yang mengacu kepada garis kemiskinan disebut kemiskinan relatif, sedangkan konsep yang pengukurannya tidak didasarkan pada garis kemiskinan disebut kemiskinan absolut.
1)    Kemiskinan relatif adalah suatu ukuran mengenai kesenjangan di dalam distribusi pendapatan, biasanya dapat didefinisikan didalam kaitannya dengan tingkat rata-rata dari distribusi yang dimaksud.
2)     Kemiskinan absolut adalah derajat kemiskinan dibawah, dimana kebutuhan-kebutuhan minimum untuk bertahan hidup tidak dapat terpenuhi.

FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB KEMISKINAN

Tidak sulit mencari faktor-faktor penyebab kemiskinan, tetapi dari faktor-faktor tersebut sangat sulit memastikan mana yang merupakan penyebab sebenarnya serta mana yang berpengaruh langsung dan tidak langsung terhadap perubahan kemiskinan. Penyebab kemiskinan adalah:
1)      Tingkat pendidikan yang rendah
2)      Produktivitas tenaga kerja rendah
3)      Tingkat upah yang rendah
4)      Tingkat dan laju pertumbuhan
5)      Distribusi pendapatan yang tidak merata
6)      Kesempatan kerja yang kurang
7)      Tingkat inflasi
8)      Pajak dan subsidi
9)      Alokasi serta kualitas SDA masih rendah
10)  Ketersediaan fasilitas umum
11)  Penggunaan teknologi masih kurang
12)  Tingkat dan jenis pendidikan
13)  Kondisi fisik dan alam
14)  Politik
15)  Bencana alam
16)  Peperangan

CARA MENGATASI KEMISKINAN
             Ada beberapa cara untuk mengatasi kemiskinan yang terjadi di negara Indonesia ini yaitu:
1)  Pemerintah menyediakan lapangan pekerjaan yang lebih banyak sehingga dapat membantu untuk mengurangi tingkat pengangguran
2)    Masyarakat juga menciptakan lapangan pekerjaan bagi orang lain
3)    Mendirikan tempat-tempat pelatihan keterampilan, misalnya BLK (Balai Latihan Kerja), pelatihan pembuatan kerajinan tangan, kursus menjahit
4)    Mendirikan suatu lembaga bantuan kredit atau langsung, misalnya UKM
5)    Memberikan pengetahuan mengenai pendidikan gratis bagi yang kurang mampu

No comments:

Post a Comment

Don't forget to give your's comennt :)
Thanks for a lot

Copyright © KANG MAS DYAN'S BLOG Urang-kurai