KANG MAS DYAN'S BLOG: PERLINDUNGAN DI MUKA BUMI

Blogroll

PERLINDUNGAN DI MUKA BUMI

Dewasa ini tentunya kita harus menyadari betapa pentingnya sebuah perlindungan itu ada. Tidak hanya hewan, manusia dan makhluk yang lainnya. Hewan membutuhkan perlindungan agar hewan tersebut tidak punah. Manusia pun juga sama membutuhkan perlindungan berupa imun/kekebalan.
Bukan hanya manusia dan hewan saja tetapi juga bumi kita ini yang sedang kita diami, bumi ini juga sangat membutuhkan perlindungan yang cukup ekstra lebih. Karena, saat ini bumi kita sudah mengalami perubahan musim yang ekstrem. Dimana musim penghujan dan kemarau saat ini sudah tidak teratur lagi.

Hal tersebut di karenakan semakn tipisnya lapisan ozon (O3) yang menyelimuti muka bumi kita ini. Lapisan ozon ini sangatlah penting untuk siklus kehidupan para semua makhluk hidup yang ada di bumi ini. Bumi yang kita diami ini seharusnya kita jaga bukan malah kita rusak. Sesungguhnya para tangan-tangan jahillah yang sudah merusaknya dan yang tidak bertanggung jawab.
Kita tahu bumi ini semakin lama semakin panas, di karenakan kurangnya penghijauan yang ada di bumi. Ini adalah urutan negara-negara penghasil polusi terbanyak diantaranya:
1.        Amerika Serikat
2.        China
3.        Rusia
4.        Malawi
5.        India
6.        Jerman
7.        Brazil
8.        Kanada
9.        Inggris
10.    Perancis
11.    Australia
12.    Islandia

Ada banyak sumber penghasil polusi/CO2 diantaranya adalah:
1.        Asap kendaraan
2.        Kebakaran hutan
3.        Asap pabrik
4.        Parfume semprot

Salah satu upaya untuk mengurangi polusi di bumi adalah dengan melalui penghijauan/go green. Penghijauan/go green adalah salah satu kegiatan penting yang harus dilaksanakan secara konseptual dalam menangani krisis lingkungan. Begitu pentingnya sehingga penghijauan sudah merupakan program nasional yang dilaksanakan di seluruh Indonesia.

Dalam hal ini penghijauan perkotaan merupakan kegiatan pengisian ruang terbuka di perkotaan. Pada proses fotosintesa tumbuhan hijau mengambil CO2 dan mengeluarkan C6H12O6 serta peranan O2 yang sangat dibutuhkan makhluk hidup. Oleh karena itu, peranan tumbuhan hijau sangat diperlukan untuk menjaring CO2 dan melepas O2 kembali ke udara. Di samping itu berbagai proses metabolisme tumbuhan hijau dapat memberikan berbagai fungsi untuk kebutuhan makhluk hidup yang dapat meningkatkan kualitas lingkungan. Begitu penitingnya peranan tumbuhan di bumi ini dalam menangani krisis lingkungan terutama di perkotaan. Sangat tepat jika keberadaan tumbuhan mendapat perhatian serius dalam pelaksanaan penghijauan perkotaan sebagai unsur hutan kota. Ada banyak peran dan fungsi dari penghijauan diantaranya:
1.      Sebagai paru-paru kota
2.      Sebagai pengatur lingkungan
3.      Pencipta lingkungan hidup
4.      Penyeimbangan alam
5.      Perlindungan
6.      Keindahan
7.      Kesehatan
8.      Rekreasi dan pendidikan
9.      Sosial, politik dan ekonomi

Dengan demikian penghijauan perkotaan sebagai unsur hutan kota perlu ditingkatkan secara konseptual meliputi perencanaan, pelaksanaan dan pemeliharaan dengan mempertimbangkan aspek estetika, pelestarian lingkungan dan fungsional. Pelaksanaan harus sesuai dengan perencanaan begitu pula pemeliharaan harus dilakukan secara terus-menerus agar anak cucu kita nanti bisa menikmatinya.

No comments:

Post a Comment

Don't forget to give your's comennt :)
Thanks for a lot

Copyright © KANG MAS DYAN'S BLOG Urang-kurai