KANG MAS DYAN'S BLOG: PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI (GADGET)

Blogroll

PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI (GADGET)

Teknologi Informasi adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data, termasuk memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas, yaitu informasi yang relevan, akurat dan tepat waktu, yang digunakan untuk keperluan pribadi, pendidikan, bisnis, dan pemerintahan dan merupakan informasi yang strategis untuk pengambilan keputusan.

Jenis Aplikasi Teknologi Informasi
Aplikasi teknologi informasi sangat terkait dengan aplikasi teknologi komputer dan komunikasi data dalam kehidupan. Hampir semua bidang kehidupan saat ini dapat memanfatkan teknologi komputer. Beberapa jenis aplikasi tersebut adalah:
1. Aplikasi di bidang sains.
2. Aplikasi di bidang teknik/rekayasa.
3. Aplikasi di bidang bisnis/ekonomi.
4. Aplikasi di bidang administrasi umum.
5. Aplikasi di bidang perbankan.
6. Aplikasi di bidang pendidikan.
7. Aplikasi di bidang pemerintahan.
8. Aplikasi di bidang kesehatan/kedokteran.
9. Aplikasi di bidang industri/manufaktur.
10. Aplikasi di bidang transportasi.
11. Aplikasi di bidang pertahanan keamanan.

Dalam bidang pendidikan misalnya, teknologi informasi sudah mulai turun tangan untuk membantu. Apabila dalam masa sekolah dulu masih menggunakan buku sebagai sarana wawasan, sekarang dengan menggunakan internet pun seorang siswa sudah mampu menghasilkan segudang prestasi yang nyata. Tidak hanya di situ saja, cara pengajaran pun dilakukan dengan mengandalkan Perkembangan Teknologi Informasi pula. Salah satunya menggunakan proyektor. Seorang guru hanya perlu menyiapkan ringkasan materi yang akan diajarkan esok hari di rumah. Ketika hendak mengajar, guru tersebut tidak perlu menuliskannya ke papan tulis. Tetapi tetap tersedia papan tulis di ruangan tersebut, kalau – kalau materi yang diajarkan mengandung unsur hitungan. Bagi guru yang terbiasa menggunakan metode ini, pasti bukan tantangan berat. Tetapi bagi guru yang kurang menyukai cara ini, pasti menjadi tantangan dan tugas berat. Tetapi, tetap saja. Materi harus didistribusikan kepada para murid bagaimanapun caranya. Bahkan sekarang – sekarang ini pemerintah sedang menggalakan program yang mana mewajibkan seorang guru untuk melek teknologi.
Teknologi informasi erat kaitanya dengan teknologi komputer, radio, koran, dan juga handphone. Banyak sekali alasan yang membuat hal tersebut menjadi sebuah tradisi. Komputer sangat dekat dengan kita. Kehidupan kita seolah tidak lepas dari yang namanya komputer. Apalagi, dilengkapi dengan internet. Penyebaran teknologi informasi menjadi sangat luas dan sangat cepat. Berita yang kita tonton di TV, menjadi lebih lambat ketimbang kita melihat di internet. Di internet, kapan pun informasi akan selalu terbaharui.  Dimanapun kita, kapanpun kita mengaksesnya. Sedangkan di TV, ketika kita ingin mendapatkan sebuah berita kita harus menunggu hingga jam yang sudah ditentukan. Ketika kita menghubungkan sebuah komputer ke internet, sebenarnya jika kita ingin mendapatkan sebuah informasi tidak harus membuka browser terlebih dahulu, sudah banyak perangkat lunak yang menyediakan fungsi utamanya sebagai penyedia berita.
Di handphone yang kita pegang setiap hari dan setiap saat, sekarang ini sudah dapat digunakan sebagai salah satu alat untuk mendapatkan informasi. Fungsi utamanya memang untuk menelpon dan untuk mengirim pesan, tetapi tidak bisa dipungkiri apabila saat ini ponsel mulai menambah fungsinya sebaga salah satu alat untuk menyebarkan informasi. Cikal bakal ponsel pertama kali oleh Alexander Graham Bell. Beliau adalah penemu alat komunikasi pertama, yaitu telepon. Karena inovasinya itulah sekarang berubah menjadi telepon seluler, yang mana bentuknya yang kecil sehingga mudah untuk dibawa kemana pun kita pergi. Umumnya ponsel membutuhkan sebuah antena dan sinyal, dari sinilah dikembangkan agar bisa mendapatkan informasi. Bahkan sudah banyak telepon seluler yang menambahkan fitur radio di dalamnya.
Ada banyak sekali dampak yang terasa dari awal kemunculannya. Ada dampak positif dan juga dampak negatif. Berikut ini adalah dampak positif dari penggunaan teknologi informasi:
1.      Informasi dapat didapatkan dengan mudah tanpa batas ruang dan waktu.
2.      Teknologi yang ada semakin berkembang
3.      Dapat berbagi hasil dalam sebuah penelitian
4.      Mempermudah dan mempercepat akses informasi
5.      Tugas – tugas seperti pekerjaan rumah ataupun artikel dapat cepat terselesaikan dengan mudah
6.      Transaksi keuangan lebih mudah
7.      Konsultasi tentang permasalahan semakin mudah

Dari sekian dampak positif yang bermunculan, ada dampak negatif yang tentunya juga didapatkan, diantaranya:
1.      Orang lebih memprioritaskan waktunya di depan layar komputer ketimbang di luar rumah
2.      Yang semula berprinsip gotong royong, sekarang berubah menjadi individualis
3.   Kata – kata yang tidak berkenan diucapkan, dapat dengan mudah dituliskan di sembarang tempat di dunia maya.
4.      Menjadi ajang sindiran
5.      Issu pelecehan yang mengandung SARA banyak bermunculan.
6.      Banyaknya trafficking (perdagangan manusia)
7.      Konten porno dapat dengan mudah diakses

Referensi:

No comments:

Post a Comment

Don't forget to give your's comennt :)
Thanks for a lot

Copyright © KANG MAS DYAN'S BLOG Urang-kurai