KANG MAS DYAN'S BLOG: DUKUNGAN DAN KONTROVERSI PEMBANGUNAN MRT DI JAKARTA

Blogroll

DUKUNGAN DAN KONTROVERSI PEMBANGUNAN MRT DI JAKARTA

Belakangan sedang hangat diberitakan dari rekan – rekan penulis yang tergabung dalam komunitas Railfans Indonesia dan Indonesian Edan Spoor Community tentang rencana pembangunan MRT dengan trayek Lebak Bulus – Bundaran Hotel Indonesia sepanjang 15 km.Dalam pembangunan ini pemerintah DKI Jakarta bekerja sama dengan Badan Kerjasama Internasional Jepang (JICA). Pihak JICA pun menjanjikan pembangunan MRT ini akan selesai pada tahun 2016 dan mengucurkan pinjaman dana sebesar 50,1Milyar Yen tergantung dari kemauan pelaksanaan proyeknya.

Dukungan Dan Kontroversi
Rencana pembangunan MRT ini di sambut baik masyarakat DKI Jakarta. Mereka berharap dengan hadirnya MRT ini dapat menjadikan transportasi di Jakarta lebih layak dan manusiawi serta dapat memecah kebuntuan kemacetan yang selama ini menjadi masalah klasik dan tidak juga mendapat solusi.

Namun rencana pembangunan MRT ini juga menuai kontroversial. Banyak protes dilayangkan supir bis AKAP dan rekan - rekan dari Bismania Community terkait rencana pembangunan MRT ini. Pasalnya dalam rencana pembangunan ini akan menggusur sebagian terminal bis AKAP Lebak Bulus untuk dialihfungsikan menjadi dipo MRT Lebak Bulus. Mereka menolak keras rencana alih fungsi terminal karna tidak ada solusi terminal pengganti. Sedangkan terminal bis AKAP Kampung Rambutan dan Pulogadung sudah memenuhi kapasitas. Belum lagi tambahan dari PO AKAP yang di lempar dari terminal Grogol. Selain itu pengalihan terminal ini juga akan menyulitkan penumpang antar kota yang selama ini berlangganan di terminal Lebak Bulus.

Dari berita ini, bagaimana menurut anda? Menurut pendapat saya adalah seharusnya ada solusi yang memecah kontroversi dari berbagai pihak. Namun dengan win – win solution. Artinya yang dapat menguntungkan semua pihak. Sejauh ini berdasarkan pandangan penulis, terminal yang paling nyaman di Jakarta adalah terminal Lebak Bulus. Karna selain bebas calo. terminal ini termasuk bersih. Oleh karenanya tidak heran jika banyak PO five star class yang membuka pelayanan di terminal Lebak Bulus.Sangat disayangkan jika terminal ini dialihfungsikan menjadi dipo MRT. Di sekitar terminal, terdapat banyak pusat perbelanjaan seperti Carrefour. Harusnya pusat perbelanjaan seperti inilah yang dialihfungsikan. Karena sudah banyak sekali pusat perbelanjaan di Jakarta.

Referensi:

No comments:

Post a Comment

Don't forget to give your's comennt :)
Thanks for a lot

Copyright © KANG MAS DYAN'S BLOG Urang-kurai