KANG MAS DYAN'S BLOG: DAMPAK POSITIF DAN NEGATIF DARI KEBIJAKAN MOBIL MURAH

Blogroll

DAMPAK POSITIF DAN NEGATIF DARI KEBIJAKAN MOBIL MURAH

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang dampak positif dan negatif dari kebijakan mobil murah. Tentu saja siapa yang tidak ingin memiliki mobil pribadi dengan harga yang murah, irit dan ramah lingkungan? Tapi tentu hal ini memiliki dampak positif dan negatif. Berikut contoh dari dampak positif dan negatif dari mobil murah.

Dampak Positif
1. Terjangkau
Mobil dengan harga murah dan terjangkau tentu saja jadi buruan para masyarakat menengah kebawah. Karena bagi sebagian masyarakat menengah kebawah, untuk bisa membeli sebuah mobil mungkin adalah sebuah mimpi yang sangat sulit untuk dicapai. Tapi dengan hadirnya mobil murah ini, tentu menjadi angin segar bagi mereka karena akhirnya mereka berkesempatan untuk memiliki sebuah mobil.

2. Penghasilan Pajak Negara dan Otomotif Meningkat
Salah satu dampak positif dengan hadirnya mobil murah ini yaitu dapat meningkatkan penghasilan pajak negara dan otomotif karena masyarakat dengan golongan ekonomi menengah akan menggunakan mobil murah sebagai alat transportasi pribadi mereka.

3. Mecegah Mobil Murah Import
Thailand adalah salah satu negara yang sudah terlebih dahulu memproduksi mobil murah. Sehingga dengan adanya mobil murah yang diproduksi dari dalam negeri dapat mencegah masuknya mobil-mobil murah dari negara lain.

Dampak Negatif
1. Macet
Dampak negatif yang sudah sangat jelas adalah kemacetan yang pastinya akan bertambah. Bagaimana tidak, coba bayangkan jika sebagian besar masyarakat Jakarta membeli mobil murah tersebut dan menjadikan mobil itu sebagai alat transportasi sehari-hari. Jalan-jalan di Jakarta yang sudah sangat padat ini pasti akan menjadi lebih padat.

2. Penggunaan BBM yang Meningkat
Kebijakan mobil murah ini juga akan berdampak pada pemakaian bbm atau bahan bakar minyak. Dapat diperkirakan bahwa tingkat kelangkaan bahan bakar minyak akan lebih meningkat lagi.

3. Peminat Angkutan Umum Berkurang
Rantai permasalahan tentang kebijakan mobil murah ini ternyata tidak berhenti pada masalah kemacetan atau bbm saja, peminat angkutan umum pasti akan semakin berkurang karena masyarakat cenderung memilih untuk membawa alat transportasi sendiri. Hal ini akan berdampak pada meningkatnya tingkat pengangguran karena angkutan umum akan sulit untuk mendapat penumpang.

Itulah beberapa dampak positif dan negatif dari kebijakan mobil murah, setiap hal pasti memiliki sisi positif dan negatif, tergantung dari diri kita bagaimana menanggapinya.


No comments:

Post a Comment

Don't forget to give your's comennt :)
Thanks for a lot

Copyright © KANG MAS DYAN'S BLOG Urang-kurai